Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN Segugus III Bajo Kabupaten Luwu

Authors

  • Catur Poja Ratna Wulandari PGSD Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Sunardin Sunardin Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Nurasia Nurasia Universitas Cokroaminoto Palopo

DOI:

https://doi.org/10.62388/jpdp.v1i2.13

Keywords:

Motivasi Belajar, Hasil Belajar, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Segugus III Kec. Bajo Kab. Luwu (2) deskripsi hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Segugus III Kec. Bajo Kab. Luwu (3) pengaruh motivasi belajar IPA di kelas IV SDN Segugus III Kec. Bajo Kab. Luwu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Teknik pengumpulan Data menggunakan Tes (Soal Pilihan Ganda), dan Non tes (Angket). Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 71 orang. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah statistic deskriptif dan inferensial. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat motivasi belajar yang sangat mempengaruhi hasil belajar IPA di kelas IV SDN Segugus III Kec. Bajo Kab. Luwu dibuktikan dari hasil analisis data yaitu motivasi belajar selalu diyakini memberikan pengaruh positif kepada para siswa tetapi tidak signifikant. Dari hasil pengolahan data diperoleh persamaan regresi sederhana yaitu: Y=864 + 7,399=X, dimana variabel hasil belajar adalah sebesar 864 dan kenaikan hasil belajar sebesar 1021 serta nilai dari signifikansi<0.05 (0.00<0.05). Oleh karena itu motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA di SDN Segugus III Kec. Bajo Kab. Luwu.

References

Anisa, Sri. (2018). “Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia”. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia. Volume 1, Nomor 1, PP. 109-118. P-ISSN 2615-4935. E-ISSN 2615-4943. Universitas Indraprasta PGRI.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Asih Widi Wisudawati dan Eka Sulistyowati. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

Aulia, F. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi trigonometri kelas XI MAN Bawu Jepara tahun ajaran 2016/2017. (Doctoral dissertation, UIN Walisongo).

Bambang Solissa. (2020). Pengaruh Fasilitas dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Kelas VIII di MTS Hasyim Asy’ary. Ambon.

Fatimah, Siti. (2016). Minat dan motivasi belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 03 Banda Aceh. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Syiah Kuala.

Indah Rachmawati p, dkk. (2014). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di SDN 11 Petang Jakarta timur. Bekasi: Unisma.

Indriani, Ari. (2013). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Kelas V Terhadap Prestasi Belajar Matematika Di Sd Negeri Bejirejo Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora. Bojonegoro. Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Bojonegoro.

Khodijah, N. (2014). Psikologi Pendidikan.Jakarta: Rajawali Press.

Mahpudin. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Majalengka. Universitas Majalengka

Nana Sudjana, Sukriswati. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble. Jawa Tengah. PGSD FKIP Universitas Kristen Satya Wacana.

Permatasari Rachmawati. (2014). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas 4 di SDN 11 Petang. Jakarta Timur.

Purwanto, dkk. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble. Jawa Tengah. PGSD FKIP Universitas Kristen Satya Wacana.Rineka Cipta

Rusdiana. (2018). Peningkatkan Hasil Belajar Ipa Kelas Iv Dengan Menggunakan Team Games Tournament (Tgt)SDN 2 Balerejo BatanghariLampung Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. IAIN. Metro Lampung

Schunk, D.H., Pintrich, P.R., & Meece, J.L. (2018). Motivasi dalam Pendidikan. Edisi 3. Terjemahan Ellys Tjo. 2012. Jakarta: PT Indeks.

Slameto. (2013). Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sukmadinata, Sukriswati. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble. Jawa Tengah. PGSD FKIP Universitas Kristen Satya Wacana.

Suryabrata,S. (2013). Metodologi Penelitian. Rajawali Press. Hal. 75-194. Jakarta.

Suyanto, Djihad. (2013). Kualifikasi dan Kualitas Guru diera Global. Jakarta.

Thobroni, Muhammad. (2013) Belajar dan Pembelajaran Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Published

2021-12-31

How to Cite

Wulandari, C. P. R., Sunardin, S., & Nurasia, N. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN Segugus III Bajo Kabupaten Luwu. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 83–88. https://doi.org/10.62388/jpdp.v1i2.13