PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATE STORYLINE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SMP NEGERI 2 KABUPATEN PANGKEP

Authors

  • Lis Angriani Pratiwi Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Muhammad Nawir Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nurindah Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.62388/jpdp.v3i1.280

Keywords:

Media Articulate Storylione, Learning Outcomes, Instructional Media

Abstract

The research was conducted to determine the effect of the use of Articulate Storyline Based Learning Media on student learning outcomes in Social Studies Subject at SMP Negeri 2 Pangkep Regency. Thesis Educational Technology Study Program. The purpose of this study was determine the effect of using learning media by utilizing Articulate Storyline-based media. This research is a quantitative research using an experimental with a pre-experimental research design, namely one group pretest posttest design. The source of data in this study is primary data obtained by direct observation and observation by researchers. The results of this study state that through Articulate Storyline-based learning media in learning can have an influence on student learning outcomes in Social Studies Class VII A Subject at SMP Negeri 2 Pangkajene and give a positive respons to the learning media.

References

Afandi, Muhammad, dkk. 2013. Model dan Metode Pembelajaran. Semarang: UNISSULA Press.

Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Chairunnisa, Connie. 2016. Manajemen Pendidikan: dalam Multi Perspektif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Darmawan Deni. 2017. Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Depdikbud. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dimyanto & Mujiono. 2004. Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi aksara.

Erni. 2018. Pengaruh Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Animasi terhadap Hasil Belajar Biologi Konsep Pembelajaran Sel pada Siswa Kelas XI IPA 1 di SMAN 8 Pinrang. Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Karwono & Mularsih, Heni. 2017. Belajar dan Pembelajaran: Serta pemanfaatan sumber belajar. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Nurjannah, Siti. 2015. Pengaruh penggunaan Multimedia Articulate Storyline dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri. Skripsi Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Ratumanan. Rosmiati, Imas. 2019. Perencanaan pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Rayandra, Asyhar. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Saadiah. 2017. Evektivitas Media Pembelajaran Berbasis Poer Point Terhadap Hasil Belajar ilmu pengetahuan sosial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar.

Salamah Zainiyati, Husniyatus, 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT. Jakarta: Kencana.

Sadiman, A.S, dkk. 2014. Media Pendidikan: pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Depok: PT.Raja Grafindo Persada.

Santrianawati. 2018. Media dan Sumber Belajar. Yokyakarta: Deepublish.

Sanjaya wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Surakhmad, Winarno. 1982. Pengantar Interaksi Belajar Mengajar Dasar dan Teknik Metodologi Pengajaran. Bandung : Tarsito.

Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kombinasi: Mixed Methods. Bandung: Alfabeta.

Suryani Nunuk, Setiawan Achmad, Putria Aditin. 2018. Media Pembelajaran Inovatif Dan Pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Universitas Muhammadiyah Makassar. 2014 Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Yaumi, Muhammad. 2018. Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Pratiwi, L. A., Nawir, M., & Nurindah. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATE STORYLINE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SMP NEGERI 2 KABUPATEN PANGKEP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 56–61. https://doi.org/10.62388/jpdp.v3i1.280