Pengembangan Media Pembelajaran KAKI Matematika Berbasis Saintifik Pada Materi Persamaan Kuadrat
DOI:
https://doi.org/10.62388/jpdp.v2i1.62Keywords:
Pengembangan, Media Pembelajaran, Teka-Teki Silang Matematika, Persamaan KuadratAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran KAKI Matematika (Teka-Teki Silang Matematika) berbasis saintifik pada materi persamaan kuadrat. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan metode pengembangan menggunakan model Dick & Carey. Penentuan kelayakan produk melalui uji validasi media pembelajaran, uji validasi ahli materi, uji perorangan, uji kelompok kecil dan uji lapangan. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi media pembelajaran dan angket respon siswa, sedangkan subjek penelitian sebanyak 40 siswa kelas X Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase validasi media pembelajaran sebesar 85% dengan kriteria layak dan tidak perlu direvisi, hasil rata-rata persentase validasi ahli materi 93% dapat diartikan bahwa materi dalam kategori layak dan tidak perlu revisi, dan persentase respon positif siswa sebesar 97%. Dengan kategori valid berdasarkan penilaian para ahli dan kategori positif untuk respon siswa terhadap media, maka media pembelajaran KAKI Matematika dikatakan media pembelajaran yang baik.
References
Budiyanto, K., Waluyo, L., & Mokhtar, A. (2016). Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran di Pendidikan Dasar di Malang. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 46–51.
Catur Saputro, A. N., Fajri, L., & Martini, K. (2012). Upaya Peningkatan Proses Dan Hasil Belajar Kimia Materi Koloid Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Dilengkapi Dengan Teka-Teki Silang Bagi Siswa Kelas Xi Ipa 4 Sma Negeri 2 Boyolali Pada Semester Genap Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 1(1), 124371.
Darmawan, D. S., Nuresa, Q. O. A., Khoirunisa, D. N., Widodo, E. R., Wulandari, Y., & Suprapto, E. (2021). Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika di Sekolah Inklusi. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 9(2), 236-244.
Divayana, D. G. H., Suyasa, P. W. A., & Sugihartini, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Matakuliah Kurikulum dan Pengajaran di Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 5(3), 149-157.
Erny, Saleh Haji, W. W. (2017). Pengaruh Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas X Ipa SMA Negeri 1 Kepahiang. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(7), 84–95.
Fransisca, N. O., Pujiastuti, N. A., Ningrum, P. P., Khairina, A. D., & Suprapto, E. (2021). Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Berbantuan Media Bagi Siswa di Sekolah Inklusi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4525-4530.
Fitria, R. N., Nabila, R. F., Wardani, M. P., Zalsabella, M. P., Pertiwi, W., & Darmadi, D. (2021). Respon Mahasiswa Pendidikan Matematika Unipma Dalam Memecakan Masalah Geometri Ditinjau Dari Aspek Filsafat Ilmu Selama Perkuliahan Daring. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 4(1), 76-84.
Jannah, H. I., Sari, K. C., Oktaviani, R., Masruroh, M., & Darmadi, D. (2021). Analisis Kesulitan dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Daring pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 3(2), 85-90.
Kingry, M. A., Havard, B., Robinson, R., & Islam, M. (2015). Instructional fading and student performance in principles of accounting instruction. Journal of Educational Technology Systems, 44(1), 53-68.
Lehtola, W. I., Gemignani, S. M., Sutherland, J. T., & Jeon, M. (2014, September). “Not All Visual Media Are Helpful” An Optimal Instructional Medium for Effective Online Learning. In Proceedings of the Human Factors and Ergonomics Society Annual Meeting (Vol. 58, No. 1, pp. 1351-1355). Sage CA: Los Angeles, CA: SAGE Publications.
Listiawati, E. (2018). Penggunaan Video Screencast O-Matic Pada Mata Kuliah Aljabar Abstrak. Jurnal Matematika Vol, 8(2), 114-120.
Listiawati, E., & Qomariah, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Bus Math (Business Mathematic) Pada Materi Barisan dan Deret. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(2), 136-149.Molnár, V. (2014). Reframing public space through digital mobilization: Flash mobs and contemporary urban youth culture. Space and Culture, 17(1), 43-58.
Lusiana, R., Suprapto, E., & Sukristini, I. (2021). The Effectiveness of Problem Based Learning (PBL) on Mathematics Learning Achievement in terms of Student Adversity Quotient (AQ). Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(02), 55-63.
Maharani, S., Agustina, Z. F., & Kholid, M. N. (2021). Exploring the prospective mathematics teachers computational thinking in solving pattern geometry problem. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(3), 1756-1767.
Maskur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177-186.
Murtafiah, W., Setyansah, R. K., & Nurcahyani, D. A. (2021). Kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan circle problem berdasarkan self-confidence siswa SMP. Jurnal Elemen, 7(1), 130-145.
Ningrum, P. P., Zalsabella, M. P., Widyastuti, F., Budiarto, K. D., Wulandari, Y., & Suprapto, E. (2021). Penerapan Metode Mind Mapping pada Pembelajaran Matematika Secara Daring. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 5250-5254.
Rahmawati, P., Afreza, I. N., Anshori, M. L., Putri, Q. A., & Lusiana, R. (2021). Pelatihan Bioenterpreneurship Bagi Remaja Putus Sekolah Di Loposos Desa Sambirejo untuk Meningkatkan Ekonomi Di Sektor Industri Kreatif. PATIKALA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 16-23.
Russell, A., & Hannon, D. (2012, September). A cognitive load approach to learner-centered design of digital instructional media and supporting accessibility tools. In Proceedings of the Human Factors and Ergonomics Society Annual Meeting (Vol. 56, No. 1, pp. 556-560). Sage CA: Los Angeles, CA: SAGE Publications.
Safitri, R. A., Megantara, B. A., Saadah, A. M., Widyawati, I. O., Budiarto, K. D., & Darmadi, D. (2021). Analisis Problematika Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 3(2), 81-84.
Sarinah, S., & Supriatin, A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Dengan Media Tts Terhadap Hasil Belajar Biologi Di Mts Darul Ulum Palangka Raya. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 3(1).
Shanley, L. (2016). Evaluating longitudinal mathematics achievement growth: Modeling and measurement considerations for assessing academic progress. Educational Researcher, 45(6), 347-357.
Srirahayu, P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Teka Teki Silang Pada Materi Tata Nama Senyawa Di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya Aceh Besar (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).
Sugianto, D. (2017). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS PADA KELAS VIIIC SMP NEGERI 1 CIASEM MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN TEKA-TEKI SILANG (TTS). Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi), 5(1).
Suprapto, E., Setyansah, R. K., & Devina, D. (2021). GeoGebra Application Based Tutorial Materials to Improve Spatial Mathematics Abilities in Vocational High Schools. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 27(2), 175-181.
Wicaksono, S. (2016). The development of interactive multimedia based learning using Macromedia Flash 8 in accounting course. Journal of Accounting and Business Education, 1(1), 122-139.
Wulandari, Y., Mahmuda, A. A., Astuti, M. D., Ariyanto, W. T., & Darmadi, D. (2021). Orientasi Pengembangan Dan Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 4(2), 317-321.
Wulandari, Y., Rahmawati, A. E., Handriani, S. Z., Setyaningsih, A. A., Baidowi, A. L., & Darmadi, D. (2021). Penerapan dan Pemahaman Siswa SMP Kelas VIII terhadap Materi Pembelajaran Matematika dalam Kehidupan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 4(1), 85-89.