IDENTIFIKASI HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 10 TARAKAN PADA MATERI BILANGAN RASIONAL

Authors

  • Setia Widia Rahayu Universitas Borneo Tarakan
  • Rani Universitas Borneo Tarakan
  • Dominggus Kiding Allo SMPN 10 Tarakan

DOI:

https://doi.org/10.62388/prisma.v2i2.349

Keywords:

Hasil Belajar, Bilangan Rasional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hasil belajar siswa pada materi bilangan rasional kelas VII. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang menggambarkan secara mendalam tentang hasil belajar siswa sebagai fokus utama penelitian, dengan pendekatan kualitatif berdasarkan data yang terkumpul. Subjek penelitian terdiri dari 30 siswa kelas VII di SMP Negeri 10 Tarakan. Seleksi subjek didasarkan pada hasil nilai Ulangan Harian (UH) sebelumnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan mencakup tes dan wawancara. Kemampuan berhitung siswa terbagi menjadi tiga kategori, yakni kemampuan berhitung tinggi, kemampuan berhitung sedang, dan kemampuan berhitung rendah. Hasil penelitian menunjukkan dari keseluruhan sampel yang diteliti yaitu 30 siswa, sebanyak 10 siswa memiliki nilai 70-100, dan 15 siswa memiliki nilai diatas 60, serta 5 siswa memiliki nilai dibawah 58. Sehingga, untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada materi bilangan rasional kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan, maka guru memberikan penguatan pada konsep dasar operasi hitung bilangan terlebih dahulu, dan memberikan bimbingan khusus bagi siswa untuk memperbaiki kesalahan konsep agar kekmampuan berhitung siswa dapat meningkat. Serta diharapkan untuk memberikan sistem pembelajaran yang menarik dan diberikan penekanan terhadap bilangan bulat tersebut di kehidupan sehari-hari.

References

Almira Amir, dkk. 2017. Peningkatan Kemampuan Berhitung Pembagian Melalui Metode Jarimatika Pada Siswa Kelas III SD Negeri 195 Pagaran Baru Kotanopan. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran, Vol. 1, No. 1.

Anitah, S. 2012. Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.

Lestari, Sri. 2016. Peningkatan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Bilangan Bulat Dengan Teknik Icare Berbantuan Media “SMP”Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kebonbatur 2 Demak. Jurnal Tunas Bangsa, Vol. 1, No. 3.

Lindawati, L. 2014. Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Peserta Didik Materi Perubahan Fisika-Kimia Menggunakan Snowball Modifikasi Jet Plane Throwing Berbantuan Media Bohlam Tetes pada Peserta Didik Kelas VII Al Mulk SMP Al Irsyad Purwokerto Semester 2 Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 4, No.13.

Marisa. 2014. Konsep Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nuridawani, dkk. 2015 Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Jurnal Didaktik Matematika, Vol. 2, No. 2.

Oemar, Hamalik. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Selestina Nahak, Cecilia Novianti Salsinha. 2019. Analisis Kemampuan Berhitung Dengan

Teori Van Den Heuvel-Panhuizen. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 1, No. 1. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wiji. 2014. Peningkatan Kompetensi Berhitung Akar Pangkat Tiga Melalui Model Pembelajaran IPOK Berbasis Kabisat Kelas VI SD Negeri Gulangpongge 01 Gunungwungkal Pati Semester 1 Tahun Pelajaran 2013/2014. Metodika Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 4, No.

Downloads

Published

2023-10-27

How to Cite

Rahayu, S. W. ., Rani, & Allo, D. K. . (2023). IDENTIFIKASI HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 10 TARAKAN PADA MATERI BILANGAN RASIONAL. Jurnal Penalaran Dan Riset Matematika, 2(2), 90–95. https://doi.org/10.62388/prisma.v2i2.349