PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII

Authors

  • Wasilatul Murtafiah Universitas PGRI Madiun
  • Andi Mulawakkan Firdaus Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.62388/prisma.v1i1.86

Keywords:

Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar Matematika, Siswa Kelas VIII

Abstract

Kecerdasan emosional merupakan salah satu faktor yang ada dalam diri siswa terhadap hasil belajarnya. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika Siswa Kelas VIII SMP Unismuh Makassar. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh individu yang akan dijadikan objek penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Unismuh Makassar Kelas VIII. Jumlah populasi adalah 135 siswa. Untuk menetukan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Isaac and Michael, peneliti menentukan tingkat kesalahan 5%, sehingga jumlah sampel dengan populasi 135 adalah 100 sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen-instrumen yaitu tes dan angket. Tes dilakukan untuk memperoleh infomasi tentang hasil belajar matematika siswa dan pengisian angket digunakan untuk mengukur kecerdasan emosional siswa berdasarkan indikator masing-masing variabel tersebut. Dan hasil penelitian ini memperoleh nilai konstan sebesar 25,504, berarti jika nilai kecerdasan emosi siswa adalah 0, maka nilai hasil belajar matematika siswa adalah 25,504. Koefisien regresi untuk variabel kecerdasan emosi adalah 0,614 yang berarti setiap kenaikan 1 unit skor kecerdasan emosional akan diikuti kenaikan hasil belajar 0,614 sehingga diperoleh persamaan regresi sederhana Y = 25,504+0,614X. Untuk menjawab hipotesis dlihat nilai dari thitung variabel kecerdasan emosi sebesar 0,00 menunjukkan H0 diterima yang berarti kecerdasan emosi berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Kemudian nilai probabilitas F (F-hitung) sebesar 0,00<0,05 dengan demikian model persamaan regresi linear berdasarkan data penelitian adalah signifikan, artinya model regresi linear memenuhi kriteria linearitas. Dengan kata lain, kecerdasan emosi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa.

References

Anita, I. W. 2014. Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. Infinity; Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika, 3(1); 125-132.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta Chaplin, J. P. (2011). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Goleman,D. (2015). Emotional Intelligence. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Martin, A. D. (2003). Emotional Quality Management. Jakarta: Arga.

Muti'ah, R. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Metode Diskusi Di Kelas VIII Smp Negeri 1 Aek Natas. Jurnal Edu Science, 2(4).

Pamungkas, R. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SD Sekecamatan Prembun. http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id.

Ramadhani. (2016). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional DenganHasil Belajar Siswa Kelas VIII Smp Negeri 2 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(3); 317-324.

Rosida, V. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII2 SMP Negeri 1 Makassar. Jurnal Sainsmat 4 (2); 87-101.

Setyawan, A. A. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Kansai Pekanbaru. JPPM, 11(1).

Sukriadi. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Sudut Dan Garis Di Kelas VIII MTs Normal Islam Samarinda. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(2); 65-

Downloads

Published

2022-04-06

How to Cite

Murtafiah, W. ., & Firdaus, A. M. (2022). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII. Jurnal Penalaran Dan Riset Matematika, 1(1), 21–29. https://doi.org/10.62388/prisma.v1i1.86

Issue

Section

Articles