ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN PADA SISWA KELAS VIII

Authors

  • Nursakiah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Rezki Ramdani Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.62388/prisma.v1i1.88

Keywords:

kemampuan pemecahan masalah, jenis kelamin, SPLDV

Abstract

Pada kenyataannya pemahaman siswa terhadap masalah matematika yang di berikan terutama pada kemampuan menganalisa soal cerita dan menentukan model matematika masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil ulangan semester ganjil siswa kelas VIII menunjukkan bahwa terdapat 11 siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM (<72). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel pada siswa laki-laki dan perempuan kelas VIII SMP Muhammadiyah 10 Makassar. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif.  Pemilihan subjek pada penelitian ini dengan mengambil 1 siswa laki-laki dan perempuan berkemampuan tinggi berdasarkan tes kemampuan pemecahan masalah. instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes kemampuan pemecahan masalah dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian  jawaban siswa laki-laki dijawab dengan benar, hanya saja subjek cenderung mengabaikan memeriksa kembali hasil jawaban. Pada jawaban subjek berjenis kelamin perempuan menyelesaikan masalah yang diberikan sesuai dengan strategi yang telah direncanakan mulai dari hal yang diketahui hingga hasil akhir ditemukan Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa perempuan lebih baik dari pada siswa laki-laki.

References

Annisa, Refli, Yenita Roza, and Maimunah Maimunah. "Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Berdasarkan Gender." Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran 7.2 (2021): 481-490.

Eganinta, Devy Tarigan.2012.Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan langkah-langkah polya pada materi sistem persamaan linear dua varaibel bagi siswa kelas VIII SMP negeri 9 surakarta ditinjau dari kemampuan penalaran siswa.Tesis.Surakarta:Universitas Sebelas Maret. Diakses pada tanggal 24 April 2019.

Herlambang.2013. Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII-A SMP negeri 1 epahiang tentang bangun datar ditinjau dari teori Van Hile.Tesis.Tidak diterbitkan.Bengkulu:PPs Univesitas Bengkulu.

Ningsih, Ayu, and Hafiludin Samparadja (2020). "Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Barangka Ditinjau Dari Jenis Kelamin. " Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika 9.1: 85-98.

Nurcholis, Rachmad. "Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Dari Perbedaan Gender." Euclid 8.1 (2021): 41-50.

Rizki, Nopia, et al. "Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IX SMP Ditinjau Dari Gender." Griya Journal of Mathematics Education and Application 1.3 (2021): 328-337.

Sukriadi & Kurniawan. (2019). Profil Penalaran Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Matematika TIMSS Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. 4(1): 36-41.

Wardani, Asizah Kurnia, and Lambang Kurniawan. "Kemampuan pemecahan masalah berdasarkan perbedaan jenis kelamin." Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo 2.1 (2014): 99-108.

Downloads

Published

2022-04-07

How to Cite

Nursakiah, & Ramdani, R. . (2022). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN PADA SISWA KELAS VIII. Jurnal Penalaran Dan Riset Matematika, 1(1), 30–39. https://doi.org/10.62388/prisma.v1i1.88

Issue

Section

Articles