PENGARUH MODEL SOMATIC AUDITORY VISUAL INTELLECTUAL (SAVI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX

Authors

  • Nurbaya SMP Negeri 2 Pa’jukukang

DOI:

https://doi.org/10.62388/prisma.v1i1.89

Keywords:

Metode Pembelajaran, Somatic Auditory Visual Intelectual (SAVI), Hasil Belajar Matematika

Abstract

Salah satu model pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah model pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visualization and Intellectualy), karena pada tiap tahapan pada model ini melibatkan siswa secara keseluruhan dan guru hanya bertindak sebagai fasilitator. Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian ini dengan tujuan adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan metode pembelajaran Somatic Auditory Visual Intelectual terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas IX SMP Negeri 2 Pa’jukukang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain penelitian One Group Pre Test Post Test Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kelas IX SMP Negeri 2 Pa’jukukang tahun ajaran 2021/2022 yang terdiri dari 2 kelas sebanyak 30 siswa, sedangkan sampel terdiri dari 1 kelas sebanyak 15 siswa, 15 siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes bentuk essay, sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus uji kesamaan dan uji-t. Hasil uji persyaratan analisis data diproleh dikelas sampel berdistribusi normal. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh sebesar 87% yang termasuk dalam kategori sangat tinggi. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 83,02 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 71,22. Pengujian uji-t diproleh Karena thitung > ttabel (5,8 > 2,008) maka terdapat pengaruh signifikan penggunaan metode pembelajaran somatic auditory visual intellectual terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pecahan di kelas IX SMP Negeri 2 Pa’jukukang.

References

Ahmad Sabri, Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching (Jakarta: Quantum Teaching, 2005).

Basyiruddin Usman, Metodologi Pembelajaran Agama Islam (Jakarta: Ciputat Perss, 2002). Budiarto, M. T., Khabibah, S., & Firdaus, A. M. (2020). Misconception of Junior High School

Students on Two-Dimentional Figure Materials. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 8(1), 1-8.

Firdaus, A. M. (2016). Efektivitas pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 9(1), 61-74.

Firdaus, A. M., Juniati, D., & Wijayanti, P. (2019, December). Generalization Pattern’s Strategy of Junior High School students based on Gender. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1417, No. 1, p. 012045). IOP Publishing.

Dave Meier, The Acceleratif Learning Hand Book, Penerjemah: Rahmuni Astuti: Pendidikan Kreatif dan Efektif Merancang Program Pendidikan dan Pelatihan (Bandung: Kaifa, 2002).

Depdiknas, Permendiknas No.22 Tahun 2006 Tentang Standarisasi Sekolah Dasar dan Menengah.

Dewi Nuharini, Matematika Konsep dan Aplikasinya (Jakarta: Pusat Pembukuan, 2008). Elly Harliani dan Indrawati, Penilaian Hasil Belajar untuk SMP, (Jakarta: PTK IPA, 2009) .

Erma Suherman, Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer (Bandung: Jica UPI, 2001).

Ginting, Abdurrahman, Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran (Bandung: Humaniora, 2008).

Hamdani, Strategi Belajar Mengajar (Bandung: CV Pustaka Setia, 2010).

Hamzah B. Uno dan Masri Kuadrat, Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran Sebuah Konsep Pembelajaran Berbasis Kecerdasan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2010).

Herman Hudoyo, Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pelaksanaannya di Depan Kelas (Surabaya: Usaha Nasional, 1979).

Husein Umar, Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2009).

Masitoh, Strategi Pembelajaran (Jakarta: Ikhlas Beramal, 2009).

Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2001).

Ningsih, Sri. 2004. Skripsi Pengaruh Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan SAVI Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. STAIN.

Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010).

Rusman, Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, (Jakarta: Rajawali Pers, 2004).

Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung, Indonesia: Alfabeta Abu Ahmadi – Joko Tri Prastya, Strategi Belajar Mengajar (Bandung: CV Pustaka Setia, 2005).

Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2010). Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Jakarta: Bumi Aksara, 2005).

, Manajemen Penelitian (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010).

, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006).

Sumadi, dkk. Matematika dalam Kehidupan Kita (Surakarta: CV Anak Cerdas Nusantara, 2005).

Tahar Yusuf & Saiful Anwar, Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1997).

Downloads

Published

2022-04-08

How to Cite

Nurbaya. (2022). PENGARUH MODEL SOMATIC AUDITORY VISUAL INTELLECTUAL (SAVI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX. Jurnal Penalaran Dan Riset Matematika, 1(1), 40–46. https://doi.org/10.62388/prisma.v1i1.89

Issue

Section

Articles