Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis Fisika Siswa SMA

Authors

  • Nirwana Nirwana Universitas Sulawesi Barat
  • Dewi Sartika Universitas Sulawesi Barat
  • Arie Arma Arsyad Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.62388/jpdp.v1i2.9

Keywords:

Problem Based Learning, Analytical Thinking, Physics

Abstract

The aims of the research was to find out the level of students analytical thinking skills in physics before and after the applied Problem Based Learning (PBL) model. The research were used pre-experimental with a one-group pretest-posttest design. The sample studied was 23 students of class X MIPA SMA Negeri 1 Pamboang who were selected by purposive sampling technique. The data collection instrument was in the form of an essay test to measure students' analytical thinking skills before and after treatment. Data were analyzed using descriptive and inferential analysis. The average value of pretest was 27,13, while the average value of pottest was 47,34. The price of ttable = 2,073 while tcount = 3,6213. It means that there is a significant increase before and after the implementation of the Problem Based Learning (PBL) learning model.

References

Devi Diyas Sari. 2012. Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA Kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Irwanuddin, dkk. 2017. Penerapan model problem based learning (PBL) pada materi momentum dan impuls untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas X SMA 1 Kamal. Jurnal inovasi pendidikan fisika (JIPE). Vol. 06 No. 03, hal 214-218. ISSN: 2302-4496.

Mayasari, Ria, dkk. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Pada Pembelajaran Biologi Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi di SMA. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia. Vol. 1 No. 3, hal 255-262. ISSN : 2442-3750.

Qomariya, Yuyun, dkk. 2018. Profil Kemampuan Berfikir Analisis Siswa SMP Negeri 3 Bangkalan Dengan Menggunakan Metode Pictorial Riddle Dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Journal of natural science education reseach, Vol. 1 No.1, hal 9-18.

Retnawati, Heri. 2016. Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.

Rerung Nensy, dkk. 2017. Penerapan model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan Hasil belajar peserta didik SMA pada materi usaha dan energi dan energi. Jurnal ilmiah pendidikan fisika Al-BiRuNi, v6i1.597, hal 47-45. ISSN: 2303-1832.

Rusman, 2016. Model-model pembelajaran. Jakarta: Raja grafindo

Susetyo Budi. 2010. Statistika Untuk Analisi Data Penelitian. Bandung: Refika Aditama.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Siregar, Sofyan. 2017. Statisitk Deskriptif Untuk Penelitian. Depok: Rajafgrafindo Persada.

Winarti. 2015. Profil Kemampuan Berfikir Analisis Dan Evaluasi Mahasiswa Dalam Mengerjakan Soal Konsep Kalor. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, Vol. 2 No. 1, hal 19-24.

Yuniarti Tri, 2015. Peningkatan Kemampuan Analisis pokok bahasan masalah Ekonomi dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) siswa SMA Negeri 1 Bandongan Kabupaten Malang. Skripsi. Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Published

2021-12-31

How to Cite

Nirwana, N., Sartika, D., & Arsyad, A. A. (2021). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis Fisika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 67–74. https://doi.org/10.62388/jpdp.v1i2.9