Implementasi Penilaian Portofolio untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Teknik Informatika Mata Kuliah Riset Operasi

Penulis

  • Akramunnisa Akramunnisa Universitas Cokroaminoto Palopo

DOI:

https://doi.org/10.62388/jpdp.v1i2.15

Kata Kunci:

Penilaian Portofolio, Hasil Belajar, Riset Operasi, Mahasiswa Informatika

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan meningkatkan hasil belajar mahasiswa program studi informatika mata kuliah riset operasi dengan penerapan penilaian portofolio. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I selama 5 kali pertemuan dan siklus II selama 3 kali pertemuan. Dalam penelitian ini terdapat tiga aspek dalam pembelajaran matematika yang menjadi perhatian, yaitu hasil belajar, penilaian portofolio dan partisipasi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa prodi informatika kelas Gabungan 4 SIG 1. Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Untuk hasil belajar skor rata-rata yang dicapai setelah penerapan penilaian portofolio dari 40 siswa. Hasil belajar mahasiswa pada siklus I berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata 6,2 dari skor ideal 10 .Sedangkan pada siklus II hasil belajar mahasiswa berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 8,1 dari skor ideal 10. Hasil portofolio mahasiswa pada siklus I berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata 6,3 dari skor ideal 10. Sedangkan pada siklus II hasil portofolio siswa berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 7,5 dari skor ideal 10. Terjadi peningkatan frekuensi kehadiran mahasiswa, keaktifan dan kesungguhan mahasiswa dalam proses belajar mengajar sesuai dengan hasil observasi selama tindakan.

Referensi

Anisa, Sri. (2018). “Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia”. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia. Volume 1, Nomor 1, PP. 109-118. P-ISSN 2615-4935. E-ISSN 2615-4943. Universitas Indraprasta PGRI.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Asih Widi Wisudawati dan Eka Sulistyowati. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

Aulia, F. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi trigonometri kelas XI MAN Bawu Jepara tahun ajaran 2016/2017. (Doctoral dissertation, UIN Walisongo).

Bambang Solissa. (2020). Pengaruh Fasilitas dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Kelas VIII di MTS Hasyim Asy’ary. Ambon.

Fatimah, Siti. (2016). Minat dan motivasi belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 03 Banda Aceh. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Syiah Kuala.

Indah Rachmawati p, dkk. (2014). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di SDN 11 Petang Jakarta timur. Bekasi: Unisma.

Indriani, Ari. (2013). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Kelas V Terhadap Prestasi Belajar Matematika Di Sd Negeri Bejirejo Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora. Bojonegoro. Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Bojonegoro.

Mahpudin. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Majalengka. Universitas Majalengka

Nana Sudjana, Sukriswati. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble. Jawa Tengah. PGSD FKIP Universitas Kristen Satya Wacana.

Permatasari Rachmawati. (2014). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas 4 di SDN 11 Petang. Jakarta Timur.

Rusdiana. (2018). Peningkatkan Hasil Belajar Ipa Kelas Iv Dengan Menggunakan Team Games Tournament (Tgt)SDN 2 Balerejo BatanghariLampung Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. IAIN. Metro Lampung

Schunk, D.H., Pintrich, P.R., & Meece, J.L. (2018). Motivasi dalam Pendidikan. Edisi 3. Terjemahan Ellys Tjo. 2012. Jakarta: PT Indeks.

Sukmadinata, Sukriswati. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble. Jawa Tengah. PGSD FKIP Universitas Kristen Satya Wacana.

Thobroni, Muhammad. (2013) Belajar dan Pembelajaran Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Diterbitkan

2021-12-31

Cara Mengutip

Akramunnisa, A. (2021). Implementasi Penilaian Portofolio untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Teknik Informatika Mata Kuliah Riset Operasi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 95–100. https://doi.org/10.62388/jpdp.v1i2.15