Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Penggunaan Media Gambar Siswa Kelas II UPT SD Negeri 38 Bonto Perak

Penulis

  • Arhania Marhanisa Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nurwayuni Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.62388/jpdp.v2i2.177

Kata Kunci:

Hasil Belajar;, Tipe Word Square.

Abstrak

Tujuan penelitian adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Melalui Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe word square pada kelas VI SDN 38 Bonto Perak Kecamatan Pangkaje’ne Kabupaten Pangkep. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimanakah Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square pada Murid Kelas VI SDN 38 Bonto Perak Kecamatan Pangkaje’ne Kabupaten Pangkep. Prosedur penelitian tindakan kelas yang digunakan mengacu pada metodologi action research, yaitu(1) perencanaan,(2) implementasi tindakan,(3) pengamatan dan evaluasi,(4) refleksi, yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil evaluasi siklus 1 menunjukkan bahwa 6 siswa atau 37,5% yang mendapatkan nilai tertinggi, 5 siswa atau 31,25% yang mendapatkan nilai tinggi, 2 siswa atau 12,5% yang mendapatakan nilai sedang dan rendah dan 1 siswa atau 6,25% yang mendapatkan nilai sangat rendah. Nilai rata-rata seluruh siswa 54% sehingga dikategorikan Tinggi dan hasil siklus 2 menunjukkan bahwa soal meningkat menjadi 89,39%, siswa yang mengerjakan soal latihan menjadi 89,39%, dan siswa yang membutuhkan bimbingan 16,66%, sedangkan siswa yang melakukan kegiatan lain yang tidak relevan dengan pembelajaran menurun menjadi 10,60%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Dari penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa latihan mandiri dapat meningkatkan penguasaan materi Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh Sub Tema 2 bagi siswa kelas VI SDN 38 Bonto Perak Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023. Saran dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Guru Sekolah Dasar perlu menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Word Square sebagai salah satu metode pembelajaran di dalam kelas karena model ini terbukti dapat meningkatkan kemampuan murid dalam memahami materi.

Referensi

Abdurrahman. Dr. Mulyono. 2012. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Bastian, A. B., & Suharni, S. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah melalui Media Gambar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1303–1311. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1772.

Etin Solihatin & Raharjo. (2017). Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.

Kadir, A. (2015). Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Marta, R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan menggunakan Model Word Square Sekolah Dasar. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Volume 46. Nomor 1.

Milia Ivanka Puati Mansyur. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar Bahasa Lampung Kelas II MIN 6 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi S1, UIN Lampung.

Mulyasa. 2013. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Mundziroh, S., Andayani, & Saddhono, K. (2013). Peningkatan kemampuan menulis cerita dengan menggunakan metode picture and picture pada siswa sekolah dasar. Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 2(1), 1–10. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bhs_indonesia/article/view/2148/1563.

Nisdar. (2020). Penarapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VII AMP Negeri 3 Kejuruan Muda. Educational Journal of History and Humanities, Volume 3, No (2) hal. 14-20.

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran "Mengembangkan Profesinalisme Guru" . Jakarta: Rajawali Pers.

Siregar, R. A. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Menggunakan Media Kartu Kata Di TK Negeri Pembina I Kota Jambi Tahun Pelajaran 2016/2017. 2(1), 5–10.

Diterbitkan

2022-12-29

Cara Mengutip

Marhanisa, A., & Nurwayuni. (2022). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Penggunaan Media Gambar Siswa Kelas II UPT SD Negeri 38 Bonto Perak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 141–148. https://doi.org/10.62388/jpdp.v2i2.177