PENGARUH PENERAPAN METODE BRAINSTORMING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DIKELAS XI MIPA SMA NEGERI 14 MAKASSAR

Penulis

  • Sindi Rahma Sari Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Andi Mulawakkan Firdaus Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nur Hidaya M Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.62388/jpdp.v3i1.249

Kata Kunci:

Brainstorming Method, Student Learning Outcomes

Abstrak

This study aims to determine the application of the brainstorming method to learning outcomes, to determine student learning outcomes, and to determine the effect of the brainstorming method on student learning outcomes. This research uses a quantitative approach, experiment types one group pretest-postest design. The results of this study show 1.) The application of the brainstorming method begins with giving pretest questions, then giving a posttest and questionnaire. 2.) The use of the brainstorming method is very influential on the learning outcomes of students in class XI MIPA 5 SMA Negeri 14 Makassar marked by the acquisition of the average value of students' pretest is 51.61 and the acquisition of the average value of students' posttest is 82.42 3.) to find out whether there is an effect of the brainstorming method on student learning outcomes, the researcher conducted a hypothesis test. Based on the paired sample t-test hypothesis test, it is known that the asymp. Sign. of 0.000 <0.05, then Ho is rejected and Ha is accepted. So it can be concluded that the application of the brainstorming method has an influence on the learning outcomes of students in the Islamic Religious Education class XI MIPA SMA Negeri 14 Makassar.

Referensi

Al-qur’an dan terjemahan.

Ahyat, N. (2017). Metode pembelajaran pendidikan agama Islam. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1), 24-31.

Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Al-Ulum, 13(1), 25-38.

Amin, D. (2016). Penerapan Metode Curah Gagasan (Brainstorming) Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa. Jurnal Pendidikan Sejarah, 5(2), 1-15.

Hairunnisah, H. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Brainstorming Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SLTP PGRI 1 Tamalate Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Hamim, A. H., Muhidin, M., & Ruswandi, U. (2022). Pengertian, Landasan, Tujuan dan Kedudukan PAI Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Dirosah Islamiyah, 4(2), 220-231.

Hendra, A. H. M. P. A., Pangaribuan, M., Sumual, H. M., & Mapaliey, D. O. (2021). Pengaruh Minat Belajar dengan Hasil Belajar Teknologi Dasar Otomotif Siswa Kelas X TSM Di SMK Negeri 1 Sinonsayang. GEARBOX: Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 2(2), 7-16.

Nasution, M. K. (2018). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Studia Didaktika, 11(01), 9-16.

Nasution, N., Rahayu, R. F., Yazid, S. T. M., & Amalia, D. (2018). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 12(1), 9-14.

Okta, P. (2022). Pengaruh Metode Brainstorming Terhadap Keaktifan Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 01 Sungai Are Oku Selatan (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Rahmat, M. P. I. (2019). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Vol. 1). Bening Pustaka.

Retnawati, H. (2017, September). Teknik Pengambilan Sampel ini Disampaikan Pada Workshop Update Penelitian Kuantitatif, Teknik Sampling, Analisis Data, dan Isu Plagiarisme (Pp. 1-7).

Ridla, M. R. (2008). Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Proses Pembelajaran. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 3 (1).

Saputra, H. L. (2017). Penerapan Metode Brainstorming Terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran PAI Siswa Kelas X SMA YKPP Pendopo Kab. Pali. (Doctoral dissertation, UIN Raden Fatah Palembang).

Sunandar, D., & Effendi, E. (2018). Penerapan Metode Brainstorming pada Pembelajaran Fisika Materi Wujud Zat. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 2(1), 38-42.

Surachman, M. H. M. (2022). Pengaruh Metode Brainstorming Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian Quasi Eksperimen Di Kelas X SMA Negeri 1 Ciomas Kab. Bogor (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Suryadi, R. A. (2018). Ilmu Pendidikan Islam. Deepublish.

Syamhari, S. (2012). Pembelajaran Keterampilan Berbicara dengan Menerapkan Metode Curah Gagasan (Brainstorming). Jurnal Adabiyah, 12 (2), 186-202.

Undang undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 12 ayat 1 hlm 9.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat 1 hlm 2.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat 20 hlm 5.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 tahun 2005 pasal 1 ayat 1 tentang Guru dan Dosen hlm 3.

Diterbitkan

2023-06-06

Cara Mengutip

Rahma Sari, S., Firdaus, A. M., & M, N. H. (2023). PENGARUH PENERAPAN METODE BRAINSTORMING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DIKELAS XI MIPA SMA NEGERI 14 MAKASSAR. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.62388/jpdp.v3i1.249