IMPLEMENTASI MATERI “HIDUP RUKUN” MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS III

Penulis

  • Zela Salsabila Universitas Trunojoyo Madura
  • Riski Umi Mahfiroh Universitas Trunojoyo Madura
  • Rikza Fatimatuz Zahro Universitas Trunojoyo Madura
  • Dzakiyatul Mumtazah Universitas Trunojoyo Madura
  • Rifa Hadijah Universitas Trunojoyo Madura
  • Widya Trio Pangestu Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.62388/jpdp.v3i1.252

Kata Kunci:

Cooperative Learning Model, Live in Harmony

Abstrak

The purpose of this study was to determine the implementation of living in harmony through the STAD-type cooperative model for fourth-grade students at SDN Labang. The method used in this research is a qualitative method with descriptive research. Data collection techniques in this study include observation, interviews, and documentation. The results of this study indicate that the learning process using the cooperative model in living in harmony at SDN Labang is going well. Students can carry out learning in harmony through group work. The teacher has also been successful in implementing the STAD-type cooperative model well with students. So that students can get closer and live in harmony with their friends.

Referensi

Afiyah, S. H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Kerjasama Siswa Kelas III Tema 3 Benda Di Sekitarku Subtema 4 Keajaiban Perubahan Wujud Di Sekitarku Pembelajaran 6 di SDN Belahantengahmojosari (Doctoral Dissertation, Universitas Pgri Adi Buana Surabaya).

Ahmadi, M., Ardianti, S. D., & Pratiwi, I. A. (2021). Nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat Sendang Widodari Kabupaten Kudus. Progres Pendidikan, 2 (1), 1–6. Https://Doi.Org/10.29303/Prospek.V2i1.5 5 Akbari, Hakimeh, Abehroz Bdoli, Mohsen Shafizadeh, and Hasan Khalaji. 2009. “The Effect of Traditional Games in Fundamental Motor Skill Development in 7 ­ 9 Year ­ Old Boys.” Iran J Pediatr 19 (2): 123–29.

Anggraeni, D. N. (2021, December). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Sekolah Dasar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script. In Prosiding University Research Colloquium (pp. 503-512).

Arifin. (2011). Pengertian Observasi Menurut Para Ahli dan Secara Umum [Lengkap]. Www.Zonareferensi.Com. https://www.zonareferensi.com/pengertian-observasi.

Aritonang, R. M., Purba, N., & Simarmata, R. K. (2022). Pengaruh Model Cooperative Script terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 3 Hidup Rukun di Sekolah Kelas II UPTD SD Negeri 122365 Pematang Siantar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4 (6), 3875-3885.

Darmita, I. P. T. (2022). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas V semester I SD Negeri 3 Sawan. Indonesian Journal of Educational Development, 3 (1), 95-103.

Egwu, N. M., Cahyani, S. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Pembelajaran Hidup Rukun di Kelas Dua Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS. Aulad: Journal on Early Childhood, 4 (3), 39-44.

Erlangga, C. Y. (2020). Strategi Public Relation Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan Di Era New Normal Studi Kasus Suvana Jakarta Golf. Jurnal Public Relations (J-PR), 1 (2), 122-127.

Esminarto., Sukowati., Suryowati, N., & Anam, K. (2016). Implementasi Model Stad Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Brilian: Jurnal Riset dan Konseptual. 1 (1), 17-22.

Ferdiansah, R. (2022. 8 Januari). Contoh Saran Dalam Karya Tulis Ilmiah. Diakses pada 1 April 2023: https://greenpublisher.id/blog/contoh-saran-dalam-karya-tulis-ilmiah.

Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model pembelajaran kooperatif dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1 (1), 1-13.

Ibrahim, D. S. M., Aswasulaskin, A., Ramdhani, S., Mukti, H., & Agustina, B. W. (2022). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 8 (1), 102-113.

Islamiati, R. A. (2016). Penggunaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Hidup Rukun Di Sekolah (Penelitian Tindakan Kelas II Semester I SD Negeri Sayuran 01 Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2016/2017) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Istiqomah., Sopriyono. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (Stad) Tema Kegiatan Sehari-Hari Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN Krian IV Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2 (2), 1-2.

Jannah, M. (2021). Implementasi Sikap Hidup Rukun Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Kelas X Di Sekolah Menengah Atas Luar Biasa ABCD PGRI 2 Desa Jajag Banyuwangi. Jember: Institut Agama Islam Negeri Jember.

Kasun. (2017). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model Stad Terhadap Mata Pelajaran Pkn Kelas V Sdn Sedapurklagen Tahun Pelajaran 2016/2017. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 17 (1), 96-105.

Laung, F., Palimbong, A., & Jamaludin. (2013). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Pembelajaran PKn Untuk Meningkatkan Minat Belajar PKn Pada Siswa Kelas VI SD Inpres 02 Pongian. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4 (12), 153-166.

Maulida. (2020). Teknik Pengumpulan Data Dalam Metodologi Penelitian. Darussalam, 21, 71–78.

Miliano, N., Cahyani, A. S., Dewi, A. D., & Furnamasari, F. Y. (2021). Pembelajaran Hidup Rukun di Kelas Dua Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS. Aulad: Journal on Early Childhood. 4 (3). DOI: https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.165.

Moleong, L. J. (1991). Pengertian Wawancara Menurut Para Ahli. Materibelajar. Co. id. https://materibelajar.co.id/pengertian-wawancara-menurut-para-ahli.

Nainggolan, E., Sidabutar, Y. A., & Pasaribu, S. (2022). Pengaruh Metode Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Tematik Subtema Hidup Rukun di Sekolah pada Siswa Kelas II UPT SD Negeri 13 Pahang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4 (5), 7072-7082.

Parsiti, S. P. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Subtema Hidup Rukun Di Sekolah Menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Pada Siswa Kelas 2 UPTD SDN Sepulu 4 Kecamatan Sepulu Bangkalan. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran, 6 (1), 23-34.

Rahma, A., Tanjung, R. D., Nurjamilah., Suryani. (2018). Hidup Rukun Dengan Bergotong-Royong Di Lingkungan Keluarga Dan Sekolah Pada Mata Pelajaran MI/SD Kelas 2 Semester I. Padang Sidempuan: Universitas Islam Negeri Padang Sidempuan. Hal 3-9.

Rosita, I., & Leonard, L. (2015). Meningkatkan kerja sama siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3 (1).

Rukmana, I.F. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievment Division) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Jambi. Jambi: UIN Sulthan Thaha Saifuddin.

Setiawan, Iwan., Suryani, & Abdussamad. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Pkn Menggunakan Model Kooperatif Tipe Stad Di Kelas VI SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK).

Sinaga, Y. T. C., Sihombing, L. N., & Pasaribu, E. (2022). Penaruh Model Picture And Picture terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 2 Hidup Rukun dengan Teman Bermain pada Kelas II SD Negeri 091316 Pematang Raya. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 1469-1479.

Siti, A. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Word Square Pada Kelas II Tema Hidup Rukun Subtema Hidup Rukun Di Sekolah Pembelajaran 1 Di SDN Jabaan I Manding (Doctoral dissertation, STKIP PGRI SUMENEP).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sundari, S., & ANITTO, V. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Subtema Hidup Rukun Di Sekolah Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Siswa SDN Reong. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 6(10), 622-632.

Supriyono. (2010). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Perspektif Sosial-Budaya Terhadap Pengembangan Nilai Multikultural. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Suryana, R. Y., Somadi, J. T. (2018). Kajian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar Akuntansi. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi. II(2), 133-144

Suti, N. K. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Tema Hidup Rukun pada Siswa Kelas II. Journal of Education Action Research, 2(3), 206-211.

Syamsu, N. F., Rahmawati, I., & Suyitno. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. International Journal of Elementary Education, 3(3), 345-349.

Tuken, Rietha. (2012). Peningkatan Pembelajaran Pkn Tentang Hidup Rukundalamperbedaan Melalui Pendekatan Induktif Pada Siswakelasi SDN No. 84 Kota Parepare. Publikasi. 2(1).

Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda, 4(1), 17-22.

Yulinarsi, Y. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Nubin Smart Journal, 2(1), 212-220.

Zagoto, M. M. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Word Square. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 1-7.

Zaluchu, S. E. (2020). Strategi penelitian kualitatif dan kuantitatif di dalam penelitian agama. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 4(1). Https://Doi.Org/10.46445/Ejti.V4i1.167.

Diterbitkan

2023-06-06

Cara Mengutip

Salsabila, Z. ., Mahfiroh, R. U., Zahro, R. F. ., Mumtazah, D., Hadijah, R., & Pangestu, W. T. . (2023). IMPLEMENTASI MATERI “HIDUP RUKUN” MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS III. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 29–37. https://doi.org/10.62388/jpdp.v3i1.252