Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Video Presentasi Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.62388/jpdp.v1i1.6Kata Kunci:
Kesalahan berbahasa, Video presentasiAbstrak
Kegiatan pembelajaran tidak luput dari kesalahan berbahasa.Oleh karena itu, menarik jika presentasi makalah yang dilakukan mahasiswa dianalisis kesalahan berbahasanya sebagai umpan balik perbaikan dalam pengajaran bahasa.Tujuan penelitian ini mendeskripsikan kesalahan berbahasa dalam video presentasi mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Muhammadiyah Bulukumba.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.Objek penelitian adalah video presentasi mata kuliah Sintaksis yang berjumlah dua belas video. Pengumpulan data melalui teknik simak dan catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa mencakup kesalahan ejaan dan tanda baca, dan kesalahan tataran linguistik.
Referensi
Huda, Nuril. (1987). Hipotesis Input (Makalah disajikan dalam kuliah umum jurusan Pendidikan bahasa dan Sastra Indonesia FPBS IKIP Malang), 12 September 1987
Inderasari, Elem & Agustina, Tiya. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Mahasiswa Asing dalam ProgramBIPA IAIN Surakarta. JPBSI: JurnalPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2. 9-15.
Nurhadi dan Roekhan (ed).(1990). Dimensi-Dimensi dalam Belajar Bahasa Kedua. Bandung: Sinar Baru.
Nurwicaksono, BD & diah Amelia. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasapada TeksIlmiah Mahasiswa. Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2 (2). 138-153
Sukoyo, J. (2011). Interferensi Bahasa Indonesia Dalam Acara Berita Berbahasa Jawa “Kuthane Dhewe” di TV Borobudur Semarang. Lingua Jurnal Bahasa dan Sastra, 7 (2). 95-103
Syafi’ie,I. (1984). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Menulis Mahasiswa Tiga IKIP di Jawa (Disertasi). Malang: IKIP Malang
Tarigan, Henri Guntur (1988). Pengajaran Pemerolehan Bahasa. Bandung: Angkasa
Tarigan. Henri Guntur (1997). Analisis kesalahan Berbahasa. Jakarta: Depdikbud.