Analisis Minat Permainan Video Game sebagai Media Belajar pada Siswa Kelas IV SDN Cipocok Jaya 1 Kota Serang

Penulis

  • Tubagus Wildan Hilmi Universitas Banten Jaya
  • Huswatun Hasanah Universitas Banten Jaya
  • Ma’sum Universitas Banten Jaya

DOI:

https://doi.org/10.62388/jpdp.v2i1.65

Kata Kunci:

Media Belajar, Sekolah Dasar, Video Game

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang peserta didik di SDN Cipocok Jaya 1 Kota Serang yang tertarik untuk memainkan Video Game yang ada unsur materi pembelajarannya sehingga menjadi landasan bagi penelitian selanjutnya agar membuat media pembelajaran Video Game yang baik di masa depan. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian survey. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket sejak tanggal 30 Februari 2022 sampai dengan 04 Maret 2022. Survey ini diberikan terhadap 18 peserta didik di kelas 4 SDN Cipocok Jaya 1 Kota Serang. Hasil yang diperoleh menyebutkan bahwa sebesar 94,4% peserta didik menyatakan ketertarikannya untuk memainkan video game yang ada unsur materi pembelajarannya merupakan hal positif yang menjadi landasan agar mencipkatan permainan Video Game sebagai salah satu alternatif media pembelajaran bagi mereka.

Referensi

Baya, E.J.B., Virginia, T., & Paturusi, S.D.E. (2022). Design and build an Indonesian Folk Songs Rhythm Game. Jurnal Teknik Informatika, 7(1), 67–74.

Hidayatulloh, S., Praherdhiono, H., & Wedi, A. (2020). Pengaruh Game Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pemahaman Ilmu Pengetahuan Alam. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 199–206. https://doi.org/10.17977/um038v3i22020p199

Pratama, I.W.A., Mahadewi, L. P. P., & Suartama, I.K. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model VAK pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V di SDN 2 Banjar Bali. Edutech, 5(1), 132-141.

Singarimbun, M., dan Effendi, S. (1989). Metode Penelitian Survey. Jakarta: PT. Pustaka LP3ES Indonesia.

Widoretno, S., Setyawan, D., Mukhlison. (2021). Efektifitas Game Edukasi sebagai Media Pembelajaran Anak. Prosiding Transformasi Pembelajaran Nasional 2021, Vol. 1, 287–295.

Diterbitkan

2022-06-15

Cara Mengutip

Wildan Hilmi, T. ., Hasanah, H. ., & Ma’sum. (2022). Analisis Minat Permainan Video Game sebagai Media Belajar pada Siswa Kelas IV SDN Cipocok Jaya 1 Kota Serang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 24–26. https://doi.org/10.62388/jpdp.v2i1.65