Peningkatan kemampuan membaca pemahaman murid melalui penerapan model SQ3R (Survey Question Reading Recite Review) Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.62388/jpdp.v1i1.7Kata Kunci:
Kemampuan Membaca, Pemahaman Murid, Model SQ3RAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman murid melalui model SQ3R di Kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan rencana Penelitian Tindakan Kelas (Action Research), yaitu rancangan penelitian berdaur ulang (siklus). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mengikuti proses siklus atau daur ulang mulai dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi (perenungan, pemikiran, dan evaluasi). Metode pengumpulan data adalah observasi. Tes, dan Dokumentasi. Tes yang dilakukan berupa pemberian soal tes formatif dengan tujuan untuk mengukur kemampuan dan pemahaman murid terhadap materi yang dipelajari, sehingga dengan adanya tes tersebut kemapuan membaca pemahaman murid dengan model SQ3R dapat diketahui meningkat atau tidak. Analisis data dilakukan dengan cara mengelompokkan data aspek guru dan aspek murid. Teknik yang dilakukan adalah teknik analisis data kualitatif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman (Iskandar 2008: 255) yang terdiri dari 3 tahap kegiatan yaitu: “(1) Mereduksi data; (2) Menyajikan data; (3) Menarik kesimpulan dan verifikasi”. Adapun hasil penelitian ini yaitu penerapan strategi SQ3R dalam membaca pemahaman pada murid Kelas IV SD memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap peningkatan kemampuan membaca pemahaman murid.
Referensi
Burns, d.k.k. 1996. Teaching, Reading, with Children in Todays Elementary School. Boston: Houghton Mifflin
Dimyati, dkk. 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan
Khalik, Abdul. 2008. Pengembangan pembelajaran bahasa Indonesia. Parepare: Universitas Negeri Makassar.
Nurkancana.1986. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Rahim, Farida. 2007. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Rahim. 1999. Membaca Cepat dan Efektif. Malang: Sinar Baru.
Resmini, Novi, d.k.k. 2006. Membaca dan Menulis di SD Teori dan Pengajarannya. Bandung: UPI PRESS
Tarigan C. H, 1994. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Angkasa Bandung.
Tarigan C. H, 2004. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa Refisi Pertama. Jakarta: Angkasa Bandung.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Penerbit Cerlang