EVALUASI PROGRAM SUPERVISI PENGAWAS MADRAS AH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI DI KOTA BEKASI
DOI:
https://doi.org/10.62388/jrgi.v1i3.123Kata Kunci:
Evaluasi Program, Supervisi Pengawas, Kompetensi ManajerialAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang peranan pengawas sekolah dalam meningkatkan kompetensi manajerial kepala Madrasah di MTsN di Kota Bekasi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus dengan analisis data model interaktif, metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Pengawas melakukan pembinaaan kualitas kompetensi manajerial kepala madrasah secara terencana dan berkelanjutan, 2) Pengawas memberikan pembinaan kualitas kompetensi manejerial hubungan masyarakat, dan 3) Pengawas memberikan pembinaan kepada kepala madrasah dan guru untuk meningkatkan integritas dan profesional dalam melaksanakan tugas fungsinya. Sedangkan rekomendasi dari penelitian ini, antara lain, yaitu: 1) Kepala madrasah secara terus agar meningkatkan kompetensi manajerialnya dalam mengelola semua sumberdaya untuk memberikan layanan pendidikan yang berkualitas kepada masyarakat, (2) Kepala sekolah harus menjadi sosok tauladan tidak hanya bagi guru, juga kepada warga sekolah dan masyarakat, (3) Kepala Madrasah harus memiliki integritas yang tinggi dan profesional dalam menjalankan tugasnya. Metode penelitian ini pun menggunakan Metode CIPP (Konteks, Input, Proses, Produk). Metode ini meneliti dari sudut evaluasi CIPP yang akan dipakai dalam evaluasi program supervise pengawas madrasah. Hasil penelitian ini adalah evaluasi program supervisi pengawas madrasah dalam meningkatkan kompetensi manajerial kepala madrasah dari sisi evaluasi terhadap kontek program pengawas belum terbentuk Kerjasama dalam stakeholders daerah dengan kementerian agama masih adanya hambatan sosialisasi dalam bentuk pelaporan terkait bantuan. Evaluasi terhadap inputnya telah sesuai dengan indicator hasil pada aspek evaluasi program terkait ketersediaan SDM. Evaluasi terhadap proses pelaksanaan program telah sesuai dengan kriteria indicator hasil evaluasi program pada aspek kesesuaian desain prosedural yang telah sesuai dengan rencana yang ditetapkan. Sedangkan evaluasi terhadap produk keberhasilan program supervise manajerial kepala madrasah dalam menjalankan tupoksinya berjalan 90% belum sepenuhnya dapat meningkatkan kompetensi manajerial seorang kepala madrasah.