EVALUASI PROGRAM LITERASI ALQUR’AN BERBASIS MODEL CIPP (STUDI SMAN 6 BULUKUMBA SULAWESI SELATAN)

Penulis

  • Rostina Rostina Universitas Muhammadiyah Makassar
  • M Ilham Muchtar Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Abdul Rahman Getteng Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.62388/jrgi.v1i3.124

Kata Kunci:

Evaluasi, Literasi, Model, CIPP

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan hasil evaluasi pelaksanaan program literasi Alqur’an di SMAN 6 Bulukumba berbasis model CIPP (Context, Input, Process, dan Product). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan sumber data subyek dari kepala sekolah, wakasek kesiswaan, tim literasi Alqur’an, guru PAI, dan pendamping program literasi Alqur’an, dengan menggunakan instrumen wawancara, dokumentasi dan observasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian: 1) Evaluasi Konteks; Tujuan pelaksanaan program literasi Alqur’an sesuai dengan kebutuhan siswa dan sekolah, dan untuk pengembangan program literasi Alqur’an, SMAN 6 Bulukumba telah menjalin kerjasama dengan lembaga dan instansi terkait. 2) Evaluasi Input; pelaksanaan program literasi berupa tahap perencanaan kegiatan, pemahaman guru dan siswa dalam pengelolaan program, ketersediaan prasarana, terlaksana dengan baik meskipun harus ditingkatkan dalam sumber daya manusia seperti kompetensi guru pendamping, pemanfaatan sarana, penyusunan program, pembiayaan pelatihan dan pengembangan program. 3) Evaluasi Proses; pelaksanaan program literasi Alqur’an, waktu dan tempat mengalami perubahan dikarenakan Pandemi Covid-19, kepala sekolah sudah sangat baik melakukan monitoring meskipun belum menyentuh pendanaan dalam rangka pengembangan program. 4) Evaluasi Produk; pelaksanaan program literasi Alqur’an menunjukkan adanya kesesuaian target dan hasil, perubahan minat baca Alqur’an yang dilakukan siswa dengan intensif, peningkatan hasil belajar membaca Alqur’an dan prestasi siswa di bidang keagamaan.

Diterbitkan

2022-11-14

Cara Mengutip

Rostina, R., Ilham Muchtar, M., & Rahman Getteng, A. (2022). EVALUASI PROGRAM LITERASI ALQUR’AN BERBASIS MODEL CIPP (STUDI SMAN 6 BULUKUMBA SULAWESI SELATAN). Jurnal Riset Guru Indonesia, 1(3), 103–115. https://doi.org/10.62388/jrgi.v1i3.124