MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ISLAM MASHITA GOWA

Penulis

  • Amelia Putri Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Tasrif Akib Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nur Alim Amri Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.62388/jrgi.v1i3.125

Kata Kunci:

Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal, Media Kartu Kata Bergambar.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca awal pada anak usia dini di TK Islam Mashita Gowa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari dua siklus yang setiap siklusnya terdapat tiga kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Islam Mashita Gowa sebanyak 18 anak. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peningkatan pada siklus I pertemuan I, II, dan III siswa berada pada tingkat perkembangan MB (Mulai Berkembang) dengan nilai rata-rata 36,54%. Selanjutnya dilakukan siklus II pertemuan I, II, dan III sehingga terjadi peningkatan menjadi 84,37% yang berarti rata-rata anak sudah berada pada tingkat perkembangan BSB (Perkembangan Sangat Baik). Berdasarkan hasil penelitian di atas disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan membaca permulaan anak di TK Islam Mashita Gowa Kelompok B setelah menggunakan media kartu kata bergambar.

Unduhan

Diterbitkan

2022-11-10

Cara Mengutip

Putri, A., Akib, T., & Alim Amri, N. . (2022). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ISLAM MASHITA GOWA. Jurnal Riset Guru Indonesia, 1(3), 116–121. https://doi.org/10.62388/jrgi.v1i3.125