UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MURID KELAS V SDN
DOI:
https://doi.org/10.62388/jrgi.v1i3.128Kata Kunci:
Talking Stick learning model, Learning outcomes, Social studiesAbstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya pembelajaran nilai-nilai di sekolah yang menyebabkan perwujudan nilai-nilai sosial siswa tidak tampak dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini disebabkan penyampaian materi yang tidak bervariasi dan cenderung membosankan sehingga siswa tidak tertarik dan bosan belajar IPS. Dalam situasi seperti itu siswa menjadi bosan karena tidak ada inovasi dan kreasi, siswa kurang memperhatikan dalam mengikuti proses pembelajaran dan siswa belum terlibat secara aktif sehingga sulit bagi guru untuk mengembangkan atau meningkatkan pembelajaran yang benar-benar berkualitas. Untuk mengantisipasi hal tersebut, guru sebagai basis terdepan dalam dunia pendidikan dituntut untuk berusaha mengubah hal tersebut. Salah satu model pembelajaran Talking Stick adalah karena model pembelajaran ini dapat membuat semua siswa terlibat secara aktif sehingga proses belajar mengajar tidak hanya satu arah yaitu guru ke siswa, tetapi bisa 3 arah yaitu guru ke siswa, dan siswa ke siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan 11 siswa kelas V yang terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan di SDN No.174 Anrihua, Kecamatan Kindang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 64 dengan persentase 54% pada siklus 1 dan skor tertinggi 100 pada siklus 2. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar IPS, dapat menumbuhkan motivasi, meningkatkan rasa percaya diri siswa untuk aktif di kelas dan meningkatkan kehadiran siswa.