MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN SIMPAI PADA KELOMPOK A DI TK

Penulis

  • Sri Handayani Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sitti Nurhidayah Ilyas Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Musfirah Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.62388/jrgi.v1i3.130

Kata Kunci:

Keterampilan Motorik Kasar, Hoop Games, Anak Usia Dini

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak usia dini dengan menggunakan permainan hoop pada kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Tala-tala 1 Kabupaten Bantaeng. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dimana setiap pertemuan dilakukan tiga kali. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal Tala-tala 1 Kabupaten Bantaeng dengan jumlah 18 anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Objek penelitian ini adalah kemampuan motorik kasar anak khususnya koordinasi dan keseimbangan. Setiap siklus I dan II mengalami peningkatan. Hal ini didasarkan pada pencapaian kemampuan motorik kasar anak pada indikator koordinasi dan keseimbangan dengan menggunakan permainan hoop yang meningkat secara bertahap pada setiap siklusnya. Pada siklus I rata-rata anak berada pada kriteria mulai berkembang (MB), sedangkan pada siklus II rata-rata anak berada pada kriteria berkembang sangat baik (BSB). Hasil tersebut menunjukkan bahwa bermain simpai dapat dijadikan salah satu alternatif bagi guru TK Aisyiyah Bustanul Athfal Tala-Tala 1 Kabupaten Bantaeng untuk mengoptimalkan kemampuan motorik kasar anak.

Unduhan

Diterbitkan

2022-11-21

Cara Mengutip

Handayani, S., Nurhidayah Ilyas, S. ., & Musfirah. (2022). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN SIMPAI PADA KELOMPOK A DI TK. Jurnal Riset Guru Indonesia, 1(3), 129–134. https://doi.org/10.62388/jrgi.v1i3.130