Pengaruh Penggunaan Aplikasi Aurora 3D Presentation Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam IPA Siswa Pptq Jami'ul Qurra'Bajeng Barat Kabupaten Gowa
DOI:
https://doi.org/10.62388/jrgi.v4i2.133Kata Kunci:
Presentasi Media Aurora 3D, Hasil Belajar, Aplikasi PembelajaranAbstrak
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Aurora 3D Presentation Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Pptq Jami’ul Qurra’ Bajeng Barat Kabupaten Gowa. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII Pptq Jami’ul Qurra’ Bajeng Barat tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 16 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data mengenai perbandingan nilai statistic dan perbandingan kategori hasil belajar telah membuktikan terdapatnya pengaruh positif penggunaan media Aurora 3D Presentation terhadap hasil belajar siswa kelas VIII Pptq Jami’ul Qurra’ Bajeng Barat dapat dilihat dari hasil belajar siswa melalui analisis statistik deskriptif sebelum menggunakan media Aurora 3D Presentation rata-rata nilai siswa masih dalam kategori interval rendah dan setelah menggunakan media Aurora 3D Presentation rata-rata nilai siswa berada pada kategori interval tinggi. Diketahui bahwa nilai rata-rata hasil Pretest yaitu 28,43 dan nilai rata-rata hasil Posttest yaitu 72,5 dimana nilai Posttest lebih besar dari nilai Pretest. Selanjutnya berdasarkan hasil analisis statistik inferensial menggunakan rumus uji t, diketahui thitung yang diperoleh adalah 15,69 dengan frekuensi df= 16-1=15, pada taraf signifikan 0,05 atau 5% diperoleh ttabel adalah 1,753. Jadi thitung > ttabel atau H0 ditolak H1 diterima. Dari hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui media pembelajaran Aurora 3D Presentation dalam pembelajaran IPA kelas VIII siswa Pptq Jami’ul Qurra’ Bajeng Barat dan memberikan respon positif terhadap media pembelajaran tersebut.K
Kata kunci: Aplikasi Aurora 3D Presentation, Hasil Belajar
Referensi
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran . Jakarta: Rajawali Pers.
Caswanto, T. (2013). Pengaruh Penggunaan Media Aurora 3D Presentation Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII di MTS Salafiyah Kota Cirebon. Cirebon: 2013.
Dalle, M. L. (2015). Aurora 3D Presentation Dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Lengkung Di Kelas IX SMPN 24 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Matematika UIN, 103-122.
Depdikbud. (2003). Kurikulum Pendidikan Dasar Garis-garis Besar Program Pengajaran (GBPP) . Jakarta: Dikmenum.
Djumhana, N. (2013). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Repository Jurnal UIN Malang , 31-39.
Faidah, F. P. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Aurora 3D Presentation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Subkompetensi Penataan Hairpiece Di SMKN 6 Surabaya. Jurnal Tata Rias , 7-8.
Falahuddin, I. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran. Jurnal Lingkar, 104-117.
Febrina Puspita Rani dan Dr. Mutimmatul Faidah, S. M. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Aurora 3D Presentation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Sub Kompetensi Penataan Hairpiece di SMKN 6 Surabaya. e-journal, 32-38.
Komari, N. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan Di Kota Tngerang. Bahasa dan Sastra, 50-62.
KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2015). Pengaruh. Jakarta: PT (Persero) penerbitan dan percetakan.Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran). Repository Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 27-34.
Miftah, M. (2013). fungsi dan peran media pembelajaran . sebagai upaya peningkatan kemampuan belajar siswa, 95-104.
Muhammad Sholeh Muntasir, d. (2020). Pengembengan Aurora 3D Presentation Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Rumbia. Repository Universitas Muhammadiyah Metro, 50-58.
Rahardjo. (2012). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Bangkalan: PT Raja Grafindo Persada.
Rahmadani. (2018). Penerapan Pembelajaran Kontekstual Berbantu 3D Aurora Pada Materi Ajar Fungsi Menu dan Ikon Microsoft Excel Siswa Kelas VII SMPN 2 Batang. Edu Elektrika , 6-7.
Rahmawati, T. H. (2013). 3D Aurora Presentation 2.012 Sebagai Media Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Bahasa Arab di MTS Negeri Bobotsari . Yogyakarta: Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supratiknya. (2012). Penilaian Hasil Belajar Dengan Teknik Non Tes. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Susilawati, R. &. (2019). Penerapan Media Aurora 3D Maker Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Biologi IKIP Budi Utomo Malang. Pendidikan Biologi dan Terapan, 52-56.
Terjemahannya, A.-Q. d. (2016). Bandung: Departemen Agama RI.
Tindaoun, R. L. (2016). Pengaruh Komunikasi, Informasi, dan Edukasi Melalui Media Leafleat dan Video Terhadap Pengetahuan dan Sikap Rmaja Tentang Paparan Pornografi Di SMP Negeri 1 Sidamanik Kec. Sidamanik Kab. Simalungun Tahun 2016. Medan : 2016.
Undang-undang Dasar. 2003 No. 20 Tentang Pendidikan Nasional
Widayanti, W. &. (2014). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VII A MTS Negeri Dono Mulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013 . Fisika Indonesia, 24-25.
Zulfiana, S. &. (2016). Jenis-jenis media dalam pembelajaran . Repository Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 50-63.