PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SMART APPS CREATOR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SISWA KELAS IX UPT SMP NEGERI 2 KELARA KABUPATEN JENEPONTO
DOI:
https://doi.org/10.62388/jrgi.v4i1.134Kata Kunci:
Pengembangan, Media Pembelajaran Smart Apps Creator, model pengembangan ADDIE, IPAAbstrak
Pengembangan Media Pembelajaran Smart Apps Creator Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Kelas IX UPT SMP Negeri 2 Kelara Kabupaten Jeneponto. Skripsi. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar, dibimbing oleh: Pembimbing I Muhammad Nawir dan pembimbing II Nurindah.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Smart Apps Creator berbasis android. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX UPT SMP Negeri 2 Kelara Kabupaten Jeneponto. Media Smart Apps Creator berbasis android ini telah diuji coba terbatas sebanyak 27 orang siswa. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: (1) tahap analysis, (2) tahap design, (3) tahap development, (4) tahap implementation, dan (5) tahap evaluation. Pada prosedur pengembangan ini, peneliti hanya sampai pada tahap development yaitu proses produksi, validasi, dan uji coba. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah sebuah produk berupa media pembelajaran Smart Apps Creator. Hasil analisis validasi media memperoleh 4 dengan kategori penilaian valid, hasil validasi materi memperolah 3,9 dengan kategori penilaian valid, dan hasil tanggapan peserta didik pada uji coba yang dilakukan, memperolah nilai rata-rata 106,6 dengan kategori penilaian sangat menarik. Adapun skor rata-rata dari penilain respon guru adalah 4,2 dengan kategori baik. Dari keseluruhan tanggapan peserta didik, tanggapan validator, dan tanggapan guru dalam mengembangkan media Pembelajaran Smart Apps Creator pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Kelas IX UPT SMP Negeri 2 Kelara Kabupaten Jeneponto dinyatakan layak dan baik digunakan dalam proses belajar mengajar.
Referensi
Asyikur. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Smart Apps Creator Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadist Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MTS Negeri 2 Lamongan. Surabaya: UIN Sunan Ampel.
Azhar, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta PT. Raja Grafindo Persada: 4.
Cecep Kustandi dan Daddy, D. (2020). Pengemban media pembelajaran. Jakarta: Kencana Divisi Prenadamedia Group.
Hasbullah. (2012). Dasar-dasar ilmu pendidikan. PT Rajagrafindo Persada: 5.
Hasriani. (2020). Pengembangan media pembelajaran flikbook pada mata pelajaran IPA kelas IV SD INPRES Tello Baru Makassar.
Hasian, P. R. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi menngunakan smart apps creator pada subtema jenis jenis pekerjaan kelas IV sekolah dasar. Universitas Jambi, 2.
Khasanah. (2020). Pengembangan media pembelajaran e-learning smart apps creator (SAC) bagi karyawan penjual pada TV berbayar. Jurnal Akademika.
Karwono dan Mularsih, H. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Rajagrafindo Persada: 13.
Mulyana, a. (2020). Penelitian pengembangan (research and development) pengertian, tujuan dan langkah-langkah R&D. (Online) (ainamulyana.blogspot.com, 1. diakses 20 febuari 2022)
Neicy, T. (2020). Kelebihan dan kekurangan smart apps creator. (Online). (https://www.neicytekno.net/2020/11/smart-apps-creator.html?m=1 diakses 2 Februari 2022).
Nurindah. (2015). Pengembangan media pembelajaafan Word Scuare berbasis komputer pada mata pelajaran IPS siswa kelas VII Madrasah Tsaniwiyah Pondok Pesantren Babul Khaer Kalumeme Bulukumba. Tesis.
Nurindah dan kasman. (2021). Implementasi Media pembelajaran berbasis android terhadap hasil belajar bahasa indonesia. Akademika, 3.
Nurrasyid, M. (2019). Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis android pada materi bentuk molekul untuk peserta didik kelas X di SMA Negeri 2 Bandar Lampung. Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Lampung.
Pratiwi. M. T. I dan Meilani. I. R, (2018). Peran media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran Vol. 3 No. 2, 176.
Pratiwi, N. I. (2017). Penggunaan media video call dalam teknologi komunikasi . Ilmiah Diamika Sosisal, 212.
Riyadi, H. (2020). Pengertian android beserta sejarah, kelebihan dan kekurangannya. nesamedia.
Sugiyono. (2011). Metodologi penelitiann kuantitati kualitatif dan R&D . Alpabeta: Bandung.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian & pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta Pranamedia Group.