PENGGUNAAN APLIKASI AURORA 3D PRESENTATION TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SISWA PPTQ JAMI’UL QURRA’ BAJENG BARAT
DOI:
https://doi.org/10.62388/jrgi.v1i3.143Kata Kunci:
Media Presentasi Aurora 3D, Hasil Belajar, Siswa SMPAbstrak
Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Presentasi 3D Aurora Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Pptq Jami'ul
Qurra' Bajeng Barat Kabupaten Gowa. Skripsi untuk Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar. Pembimbing I Muhammad Nawir dan Pembimbing II Nurindah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Presentasi 3D Aurora Terhadap Hasil
Belajar IPA Siswa Pptq Jami'ul Qurra' Bajeng Barat Kabupaten Gowa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII
Pptq Jami'ul Qurra' Bajeng Barat tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 16 siswa. Dari hasil data tersebut dapat
disimpulkan bahwa melalui media pembelajaran Aurora 3D Presentation pada pembelajaran IPA siswa kelas VIII Pptq
Jami'ul Qurra' Bajeng Barat dan memberikan respon positif terhadap media pembelajaran tersebut. Berdasarkan hasil
penelitian dan analisis data mengenai perbandingan nilai statistik dan perbandingan kategori hasil belajar terbukti adanya
pengaruh positif penggunaan media Aurora 3D Presentation terhadap hasil belajar siswa kelas VIII Pptq Jami'ul Qurra ’
Bajeng Barat yang dapat dilihat dari hasil belajar siswa melalui analisis statistik deskriptif sebelum menggunakan media
Aurora 3D Presentation rata-rata nilai siswa masih dalam kategori interval rendah dan setelah menggunakan media Aurora
3D Presentation rata-rata nilai siswa berada di kategori interval tinggi. Diketahui nilai rata-rata hasil Pretest adalah 28,43
dan nilai rata-rata hasil Posttest adalah 72,5 dimana nilai Posttest lebih besar dari nilai Pretest. Selanjutnya berdasarkan hasil
analisis statistik inferensial dengan menggunakan rumus uji t diketahui thitung yang diperoleh sebesar 15,69 dengan
frekuensi df = 16-1 = 15, pada taraf signifikan 0,05 atau 5% diperoleh ttabel sebesar 1,753. Jadi thitung > ttabel atau H0
ditolak, H1 diterima.