Pengaruh Penggunaan Quipper School Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di SMP Negeri 1 Bissappu Kabupaten Bantaeng Mawar

Penulis

  • Mawar Mawar
  • Nasir Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia.
  • Akram Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.62388/jrgi.v4i2.146

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Quipper School, Hasil Belajar

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Quipper Shool terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada sistem pencernaan manusia. Siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Bissappu tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 18 siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen serta media yang digunakan dalam penelitian yaitu Quipper School. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dan kelas VIII A sebagai sampel. Instrumen dalam penelitian ini berupa pre dan post test pada sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data mengenai perbandingan skor statistik, perbandingan kategori hasil belajar, dan perbandingan tingkat ketuntasan terbukti adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Bissappu. Dapat diketahui hasil belajar siswa melalui analisis statistik deskriptif sebelum menggunakan media Quipper School, nilai siswa. dibawah nilai KKM dan setelah menggunakan media Quipper School nilai siswa meningkat diatas nilai KKM. Diketahui nilai posttest 80,14 lebih besar dari nilai pretest 76,14. Dari hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Quipper School dalam pembelajaran dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII A SMP Negeri 1 Bissappu dan memberikan respon positif terhadap media pembelajaran tersebut.

 

Referensi

Arsyad. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Nasir, N., & Galung, E.A.H. 2021. Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Gnomio Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Literasi Digital, 1(2), 130-138.

Rizki Rahmawati, dkk 2015. Keefektifan Penerapan E-Learning Quipper School Pada Pembelajaran Akuntansi di SMA Negeri 2 Surakarta. (online). https://core.ac.uk/reader/289792820.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang SIKDIKNAS. Beserta Penjelasannya, Bandung: Citra Umbara, 2003.

Yonni, dkk. 2016. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Farmilia.

Yusufhadi. 2018. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prendana Media.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-30

Cara Mengutip

Mawar, Nasir, & Akram. (2025). Pengaruh Penggunaan Quipper School Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di SMP Negeri 1 Bissappu Kabupaten Bantaeng Mawar. Jurnal Riset Guru Indonesia, 4(2), 67–78. https://doi.org/10.62388/jrgi.v4i2.146