Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Minat Belajar IPA Siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa

Indonesia

Penulis

  • Ikshan Anwar mahasiswa
  • Nurindah Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia.
  • Firdaus R Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.62388/jrgi.v4i2.183

Kata Kunci:

Model Pembelajaran, Blended Learning, Minat Belajar Siswa

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran blended learning terhadap minat belajar siswa kelas VII F di SMP Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode Pre-eksperimental dengan one shot case study. Yang menggunakan perlakuan dan pengukuran terhadap suatu kelas dengan pendekatan kuantitaif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII F yang berjumlah 32 orang siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah observasi untuk melihat aktivitas belajar siswa, dan angket untuk melihat pengaruh kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial.Hasil penelitian ini menujukan terdapat pengaruh antara minat belajar siswa dan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran blended learning di kelas VII F SMP Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa, hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi diperoleh bahwa nilai Sig ≥ α yaitu 0,528 ≥ 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak artinya terdapat pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap minat belajar siswa

Referensi

Abdullah, W. 2018. Model blended learning dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran. Fikrotuna, 7(1), 855-866.

Abdullah, M. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Abroto, A., Maemonah, M., & Ayu, N. P. 2021. Pengaruh Metode Blended Learning Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1993-2000.

Agus Suprijono. 2017. Cooperative Learning (Teori Dan Aplikasi Paikem). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Arikunto, S,. 2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakart: Rineka

Azhar Arsyad. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Chairunnisa, Connie. 2016. Manajemen Pendidikan: Dalam Multi Perspektif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1999

Eny Winaryati. 2017. Model Pembelajaran “Wisata Lokal” (Implementasi Pembelajaran Abad 21). Semarang: UNIMUS PRESS.

Fathurrahman & Nuthpaturahman. 2015. Blended Learning. Banjarmasin: Makalah

Fatimah, A. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 29 Bandar Lampung (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Husamah. 2014. Pembelajaran Bauran, Blended Learning, Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher.

Husamah. 2014. Pembelajaran Blended Learning. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Ishak Abdul, & Deni Darmawan. 2017. Teknologi pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Iru. 2012. fungsi model pembelajaran secara khusus (Online). (https://fevrier11.blogspot.com/2016/10/fungsi-model-pembelajaran-menurut-para-ahli.html, diakses pada Tanggal 04 Juli 2022)

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). 2015.

Khoiroh, N. 2017. Pengaruh model pembelajaran blended learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Gumukmas. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 97-110.

Kurniawati, R. 2014. Pengembangan model pembelajaran blended learning pada mata pelajaran keterampilan komputer dan pengelolaan informasi (KKPI) kelas XI di SMK Negeri 2 Purwodadi (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Ma’ruf Abdullah. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Marini, M., Sulisworo, D., & Ishafit, I. 2017. Pengaruh pembelajaran blended learning berbantukan media aplikasi quipper school terhadap minat, kemandirian, dan hasil belajar pada materi gelombang mekanik siswa kelas XI SMA Negeri 1 Cawas. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 8(2).

Miftahul Huda. 2017. Model-model Pengajaran Dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis Dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nande, M., & Irman, W. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(1), 180-187.

Nasution, W. N. 2017. Strategi pembelajaran. Medan: Perdana Publishing

Oktaria, Sheren Dwi, dkk. 2018. Model Blended Learning Berbasis Moodle. Bogor: Halaman Moeka.

Putri, A. R., Fakhruddin, M., & Yanuardi, M. H. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Blended Learning Berbasis Microsoft Teams terhadap Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 3 Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3119-3128.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah dasar. Jakarta: Prenadamedia Group

Syarif, I. 2012. Pengaruh model blended learning terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SMK. Jurnal pendidikan vokasi, 2(2).

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara

Tukiran Taniredja, Evi Miftah Faridli, & Sri Harmianto. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Dasar. 2003. Nomor 20 Tentang Pendidikan Nasional.

Yosi Dkk 2015, Pengertian Pengaruh (Online). (http://yosiantindoon/co.id/20212/11/pengertianpengaruh, diakses Pada Tanggal 3 Desember 2021).

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-30

Cara Mengutip

Anwar, I., Nurindah, & R , F. (2025). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Minat Belajar IPA Siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa : Indonesia . Jurnal Riset Guru Indonesia, 4(2), 79–86. https://doi.org/10.62388/jrgi.v4i2.183