PENGARUH KINERJA GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMK NEGERI 2 BARRU
DOI:
https://doi.org/10.62388/jrgi.v2i1.189Kata Kunci:
Kinerja Guru, Hasil belajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja guru terhadap hasil belajar matematika siswa SMK Negeri 2 Barru. Metode yang penulis gunakan adalah deskriptif korelasi, yaitu metode untuk mencari hubungan antara kinerja guru Matematika dengan hasil belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 2 Barru tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 102 siswa dari 3 kelas dan 3 guru Matematika. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik deskriptif. Analisis yang digunakan untuk mengetahui pengaruh kinerja guru diukur dengan skala Likert dan analisis data statistik inferensial untuk mencari koefisien korelasi dengan menggunakan rumus bilangan kasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kinerja guru dengan hasil belajar matematika siswa SMK Negeri 2 Barru. Hal ini terlihat dari hasil analisis korelasi product-moment antara variabel bebas (X) dengan variabel terkait (Y) yang kemudian diinterpretasikan dengan tabel pada taraf signifikan 5% dan 1% sehingga jelas bahwa nilai hitung = 0,569 pada tabel 5% dengan df = 1 adalah 0,996, dan hitung ulang 1% adalah 0,987 sehingga terlihat bahwa kinerja guru tidak berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa di SMK Negeri 2 Barru. Yang menyatakan H1 ditolak dan H0 diterima. Besarnya pengaruh kinerja guru Matematika terhadap siswa SMK Negeri 2 Barru sebesar 0,569%, hasil perhitungan tersebut melalui uji koefisien determinan (KD) = r2 × 100 atau 0,5692 × 100 = 0,32 sedangkan 32 % dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh kinerja guru terhadap hasil belajar matematika siswa SMK Negeri 2 Barru.