KEMAMPUAN BERBICARA SISWA TUNAGRAHITA DI SDLB PK & PLK

Penulis

  • Abdul Munir Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.62388/jrgi.v2i1.196

Kata Kunci:

Kemampuan, Berbicara, Anak-anak dengan Cacat Perkembangan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan vokal dan konsonan anak tunagrahita siswa kelas V kelas ringan SDLB PK & PLK Galesong saat berbicara. Subjek penelitian ini adalah 16 siswa tunagrahita yang berada di SDLB PK & PLK Galesong namun objeknya adalah siswa kelas V SDLB PK & PLK Galesong tunagrahita yang berjumlah 5 orang. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah observasi, pencatatan, dan mencatat. kemudian untuk mengetahui hasil kemampuan bicara anak tunagrahita digunakan checklist atau daftar periksa yang sesuai berupa indikator kemampuan bicara anak tunagrahita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan data diketahui jumlah siswa dengan data 001 berjumlah 50, 002 berjumlah 63, 003 berjumlah 53, 004 berjumlah 43 sedangkan Data 005 mendapat nilai 30, demikian hasil rata-rata ucapan kemampuan siswa tunagrahita mampu siswa tingkat ringan di SDLB Galesong PK & PLK sebesar 48. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa tunagrahita mampu tingkat pendidikan ringan berada pada kategori kemampuan berbicara kurang karena banyaknya fonem dan fonem baik perubahan vokal maupun konsonan.

Unduhan

Diterbitkan

2023-02-22

Cara Mengutip

Abdul Munir. (2023). KEMAMPUAN BERBICARA SISWA TUNAGRAHITA DI SDLB PK & PLK. Jurnal Riset Guru Indonesia, 2(1), 27–32. https://doi.org/10.62388/jrgi.v2i1.196