TELAAH KRITIS NILAI EDUKATIF KELONG MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.62388/jrgi.v2i1.197Kata Kunci:
Telaah Kritis, Nilai Edukatif, KelongAbstrak
Penelitian ini bertujuan mengidentifkasi dan mendeskripsikan wujud nilai edukatif yang terkandung dalam kelong Makassar dan relevansi nilai edukatif dalam kehidupan sekarang. Penelitian ini didesain dengan menggunakan desain deskriptif, penelitian ini tidak terbatas pada pengumpulan data saja, melainkan meliputi analisis dan interpretasi. Hasil penelitian dalam penelitian ini berupa kutipan-kutipan data yang yang berisi nilai edukatif dalam karya sastra. Hasil penelitian ini menunjukan wujud nilai pendidikan dalam kelong Makassar yang terekam dalam lontarak merupakan pencerminan pola pikir dan tingkah laku orang-orang Makassar sejak berabad-abad yang lampau. Kelong Makassar yang dipandang memilki nilai pendidikan dapat memberikan pengajaran dan nasehat baik pada anak-anaknya maupun pada orang lain. Nilai pendidikan tersebut dapat ditemukan dalam bentuk ajaran moral, ajaran keagamaan (religious) dan lain-lain. Kelong yang berisi ajaran-ajaran atau nilai pendidikan yang berhubungan dengan ajaran moral, religius, dan sosial budaya telah menjadi modal berharga bagi pengembangan kesastraan Makassar. Di samping itu, kelong Makassar telah menjadi filosofis (ajaran bagi masyarakat Makassar) yang di dalamnya perlu mendapat apresiatif bagi pembaca dan pendengar. Meskipun akhir-akhir ini telah banyak yang mengabaikannya. Berdasarkan hasil analisis data, maka peniliti mengharapkan kelong Makassar perlu dilestarikan karena ajaran yang termuat di dalamnya mengandung kearifan lokal masyarakat Makassar. Seharusnya ada lembaga khusus yang dibuat oleh pemerintah yang berhak mengurusi kesenian daerah yang lebih focus pada revitalisasi nilai-nilai seni dan adab masyarakat Makassar yang terealisasi lewat kelong.