Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Pecahan Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Siswa Kelas VII MTS Pergis Ganra

Penulis

  • Nurul Muhlisa Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia.
  • Ahmad Syamsuadi Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sri Satriani Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.62388/jrgi.v4i2.217

Kata Kunci:

Kemampuan Pemecahan Masalah, Pecahan, Gaya Belajar

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematika materi pecahan ditinjau dari gaya belajar pada siswa kelas VII MTs Pergis Ganra. Indikator kemampuan pemecahan masalah yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) memahami masalah; (2) membuat rencana penyelesaian; (3 melaksanakan rencana; dan (4) memeriksa kembali. Sedangkan pada gaya belajar visual, gaya belajar auditori, dan gaya belajar kinestetik..Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif pendekatan deskriptif. Penelitian dilaksanakan di MTs Pergis Ganra Jl. Pendidikan kecamatan Ganra, Kabupaten Soppeng. Adapun subjek dalam penelitian ini berjumlah 3 orang siswa yang mewakili masing-masing setiap gaya belajar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket gaya belajar, tes pemecahan masalah, dan pedoman wawancara.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) subjek visual mampu memahami masalah, mampu menyusun rencana, mampu melaksanakan rencana, dan mampu membuat kesimpulan dan mengevaluasi kembali hasil akhir yang diperoleh. (2) Subjek auditori mampu memahami masalah, mampu menyusun rencana, mampu melaksanakan rencana, dan mampu membuat kesimpulan dan mengevaluasi kembali hasil akhir yang diperoleh.(3) Subjek kinestetik mampu memahami masalah, mampu menyusun rencana, dan mampu melaksanakan rencana tetapi tidak membuat kesimpulan dan mengevaluasi kembali karena dalam mengerjakan soal siswa tidak mampu menuliskan rencana sebelum menyelesaikan langkah-langkah penyelesian pada soal dan juga tidak memeriksa kembali hasil akhir yang diperoleh.

Referensi

Anggraini, R. R. D., & Hendroanto, A. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII ditinjau dari gaya belajar. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 12(1), 31-41.

Aspar, A. 2021. Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Perbandingan Ditinjau dari Gaya Belajar pada Siswa Kelas VIII Mts Negeri 2 Bulukumba, Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Makassar. Makassar

Darna. 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Pola Bilangan Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri 4 Enrekang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Makassar. Makassar.

Gunantara, G., Suarjana, M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10

Kirkley, J, 2003, Principle for Teaching Problem Solving, Technical Paper, Plato Learning Inc.

Rasiman, R., & Aini, A. N. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Berdasarkan Langkah IDEAL Problem Solving Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(4), 303-311.

Umrana, U., Cahyono, E., & Sudia, M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 4(1), 67–76.

Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 137–144.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-30

Cara Mengutip

Muhlisa, N. ., Syamsuadi, A. ., & Satriani, S. . (2025). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Pecahan Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Siswa Kelas VII MTS Pergis Ganra. Jurnal Riset Guru Indonesia, 4(2), 96–104. https://doi.org/10.62388/jrgi.v4i2.217