PENGARUH KEPEDULIAN ORANG TUA TERHADAP PEMBINAAN AKHLAK SISWA MTs. No.12 BINGKARONGO KABUPATEN BULUKUMBA
DOI:
https://doi.org/10.62388/jrgi.v4i1.239Kata Kunci:
: Kepedulian Orang TuaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Kepedulian Orang Tua Siswa MTs. No 12 Bingkarongo Kabupaten Bulukumba, untuk mengetahui Pembinaan Akhlak Siswa MTs. No 12 Bingkarongo Kabupaten Bulukumba dan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Kepedulian Orang Tua Terhadap Pembinaan Akhlak Siswa MTs. No 12 Bingkarongo Kabupaten Bulukumba.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu penelitian berupa angka-angka dianalisis secara statistik dengan menggunakan pendekatan korelasional. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu purposive sampling yang mana sampel ditentukan oleh peneliti. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas VII MTs. No 12 Bingkarongo Kabupaten Bulukumba dan sampel yang terdiri dari dua kelas VII yang berjumlah 40 siswa dan orang tua siswa MTs. No 12 Bingkarongo Kabupaten Bulukumba . Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari persentase pengisian angket tentang Kepedulian orang tua siswa MTs. No 12 Bingkarongo Kabupaten Bulukumba dapat disimpulkan dari 40 responden adalah berada dalam kategori kepedulian orang tua anak sedang yaitu 22 orang (55%), sedangkan Pembinaan Akhlak siswa MTs. No 12 Bingkarongo Kabupaten Bulukumba dapat disimpulkan dari 40 responden adalah berada dalam kategori pembinaan akhlak sedang yaitu 28 orang (70%). Kemudian, pada pengujian statistik uji regresi linear sederhana yaitu Ŷ = a + bX, a = angka konstan dari Unstandardized Coefficients nilainya sebesar 37,323 dan b = angka koefisien regresi nilainya sebesar 0,418. Angka ini mengandung arti bahwa setiap penambahan 1% tingkat kepedulian orang tua (X), maka pembinaan akhlak (Y) akan meningkat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa makin tinggi kepedulian orang tua, maka berpengaruh terhadap pembinaan akhlak siswa MTs. No 12 Bingkarongo Kabupaten Bulukumba.
Referensi
Afni, N., J. (2020). Belajar Anak, ‘peranan orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar anak’,108– 39
Ahmadi, A. (2009). Psikologi Umum. Jakarta : Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Brata, S. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT remaja rosda karya Offest.
Bungin, B. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: kencana.
Drajat, A. (2017). Ulumul qur’an, Pengantar Ilmu-Ilmu Al-Qur’an. Jakarta: kencana.
Handrianto, B, and A, (2021). Jurnal Pendidikan Islam, ‘Tawazaun Orang Tua Sebagai Pendidik Dalam Perspektif Abdullah Nasih Ulwan’, 14.1, 15–28 <https://doi.org/10.32832/tawazun.v13i1.4017>
Hasbullah. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Cet XIII; Depok: PT Rajagrafindo.
Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
Ilyas, Y. (2002). Kuliah Akhlak. Yogyakarta: Lembaga Pengkajian Pengamalan Islam (LPPI).
Jaya, S. (2019). ‘al-qur’an dan hadis sebagai sumber hukum islam’, 9.2 ,204-216
Kementrian Agama RI Th.2019 Alquran dan terjemahnya.
Masyhur, R. (2018). ‘Kinerja Pengasuh Dalam Pembinaan Akhlak Anak Di Panti Asuhan Yatim Piatu Kinderhut Indonesia The Performance of Caregivers in Developing Child Rens ’ Behavior at Orphanage of Yatim Piatu Kinderhut Indonesia’, 1.2, 205–22
Nata, A. (2015). Akhlak Tasawuf dan Karakter Mulia. Jakarta: Rajawali pers.
Nurhayati, (2014). Akhlak Dan Hubungannya Dengan Aqidah Dalam Islam,” Jurnal Mudarrisuna 4, no. 2
Pendidikan, Jurusan, Luar Sekolah, Fakultas Ilmu, Pendidikan Universitas, and Negeri Padang, 2018, ‘hubungan kepedulian orang tua dengan’, 2012, <https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i3.100600>
Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. Banjarmasin: Antasari Press.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan (pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D). cet.XI; Bandung : alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Cet. V; Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D). cet. XXVI; Bandung: Alfabeta.
Surana, D, ‘Nilai-Nilai Al-Quran Surat Thaha Ayat 132 Terhadap Tanggung Jawab Orang Tua Dalam Pendidikan Agama Anak’, 4, 251–58
Syah, S, and A. (2021). ‘Strategi Pembinaan Akhlak Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Negeri’, An-Nuha, 1.4, 541–53 <https://doi.org/10.24036/annuha.v1i4.137>
Undang-Undang RI No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
Vokasi, Jurnal Tanaman. (2012). ‘Dan Hasil Uji Korelasi Parsial Antara Kepedulian Orang Tua (X 1 ) Dengan Prestasi Belajar (Y) Dengan Mengendalikan X 2 Diperoleh Nilai Koefisien Korelasi R’, 91–106