PERANAN GURU KELAS DALAM MENGATASI PERILAKU PERUNDUNGAN PADA SISWA KELAS IV SD INPRES TALABORONG KECAMATAN BAJENG BARAT KABUPATEN GOWA
DOI:
https://doi.org/10.62388/jrgi.v4i1.246Kata Kunci:
Peranan Guru Kelas, Perilaku Perundungan Dikelas.Abstrak
Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sampel sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas IV, Siswa kelas IV, dan kepala sekolah SD Inpres Talaborong. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui instrumen penelitian berupa wawancara, observasi serta dokumentasi. Hasil penelitian ini di uji keabsahan datanya dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian di SD Inpres Talaborong pada siswa kelas IV, Perundungan adalah perilaku menyimpang yang dilakukan oleh individu atau kelompok terhadap orang atau kelompok lain, yang bisa menimbulkan kerugian fisik atau psikologis. Adapun jenis perilaku perundungan pada siswa kelas IV SD Inpres Talaborong adalah perilaku perundungan secara fisik seperti, memukul, menarik jilbab, mementalkan dasi, menarik telinga dsb. Dan perundungan verbal seperti, memanggil dengan nama orang tua dan mengolok-olok. Fakttor penyebab ternyadinya perilaku perundungan pada siswa kelas IV disebabkan karena faktor lingkungan, faktor keluarga, ekonomi dan lingkungan masyarakat.
Referensi
Arianti, A. (2019). Peranan Guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117-134.
Aminullah, M. (2021). Guru Sebagai Profesi. Publikasi Pembelajaran, 1(2), 48-53.
Adiyono, A., Irvan, I., & Rusanti, R. (2022). Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 649-658.
Agusti, defri. 2020. “Dampak Bullying terhadap perilaku siswa studi Di SMP Negeri 1 muaro Jambi Luar Kota Kabupaten muaro jambi.” Universitas islam Negeri Sulthan Saifuddin jambi.
Choirunnisa, C., & Kudus, W. A. (2022). Dampak Bullying terhadap Psikologis Remaja di Kecamatan Rangkasbitung. ARZUSIN, 2(3), 205-218.
Dhani, L. E. (2013). Pemahaman Pendidik Terhadap Pengajaran Membaca Anak Usia Dini (Studi Fenomenologi Tentang Peran Pendidik di Sekolah Internasional Apple Tree Preschool Surabaya) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA).
Djollong, A. F. (2017). Kedudukan guru sebagai pendidik. Istiqra: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 4(2).
Dewi, P. Y. A. (2020). Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 39-48.
Delia maharani, Anggre. 2020 “Analisis Prestasi Belajar Siswa yang Mengalami Perilaku Bullying Di MI Ma’arif Setono Jenangan Ponorogo.” IANIN Ponorogo.
Harahap, M. (2016). Esensi Peserta Didik dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1(2), 140-155
Hidayat, J. A. (2019). Peran Guru Dalam Menanggulangi Perilaku Bullying Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif Klangon Kalibawang Kulon Progo Yogyakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 8(2), 293-315.
Ismail, T. (2019, April). Pentingnya Peran Guru Kelas Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa Di Sekolah. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UST (Vol. 1).