KEMAMPUAN MENULIS PUISI ANAK PADA SISWA KELAS V SD INPRES MALLENGKERI I KOTA MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.62388/jrgi.v2i2.294Kata Kunci:
Ejaan, Kemampuan Menulis, Puisi AnakAbstrak
Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi kemampuan menulis puisi anak pada siswa kelas V SD Inpres Mallengkeri I Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dekumentasi, sedangkan instrumen yang di gunakan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif, dikemukakan bahwa kemampuan menulis puisi anak siswa kelas V di SD Inpres Mallengkeri I Kota Makassar diperoleh hasil yang baik namun masih perlu dilatih. Kendala menulis puisi anak dan cara mengatasinya pada siswa kelas V di SD Inpres Mallengkeri I Kota Makassar yaitu terutama pada penulisan ejaan sama halnya dengan keterkaitan antara paragraf satu dengan paragraf yang lain, di batasinya oleh waktu yang di berikan oleh guru sehingga paserta didik tidak mampu berpikir dengan tenang. Cara mengatasinya yaitu sering diberikan latihan lebih banyak dan diberikan bimbingan khusus dalam menulis atau diulangi kembali penulisannya dan diberikan arahan dan penjelasan tentang penggunaan ejaan yang baik dan benar.