RESISTENSI FIXED MINDSET DALAM MEMENGARUHI KESADARAN MASYARAKAT TERHADAP PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.62388/jrgi.v2i2.305Kata Kunci:
Resistensi, Fixed Mindset, PendidikanAbstrak
Pendidikan pada umumnya sangat penting untuk menciptakan insan yang berkarakter, tapi ternyata masyarakat Bontokamase masih belum memahami pentingnya pendidikan, kurangnya tingkat kesadaran masyarakat Bontokamase terhadap pendidikan dikarenakan taraf pertumbuhan ekonominya yang sudah mapan, keuntungan jangka pendek inilah yang memaksa mereka sehingga hidupnya semua tentang materi (uang) maka mindset yang terbangun terkait pendidikan hanya sebatas pintar membaca, berhitung dan menulis saja. Tujuan penelitian ini untuk menambah kajian khususnya Resistensi Fixed Mindset dalam memengaruhi kesadaran masyarakat terhadap pendidikan. Jenis penelitian kualitatif yang merupakan hasil penelitian lapangan (field research) serta menggunakan pendekatan sosiologis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Faktor yang menyebabkan masyarakat Bontokamase sehingga memiliki tingkat kesadaran pendidikan yang rendah adalah faktor keturunan bahwa orang tua mereka terdahulu juga tidak pernah sekolah namun bukan berarti mereka tidak mampu dari segi finansial, secara finansial mereka mampu untuk sekolah namun yang menjadi penyebab sehingga mereka tidak sekolah karena memiliki lahan pertanian yang luas untuk digarap dan menurutnya hasilnya itu lebih menjanjikan dibandingkan dengan menempuh pendidikan yang membutuhkan waktu cukup lama dan juga sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Ijazah sebagai formalitas saja dalam mendapatkan pekerjaan, ijazah sudah tidak memiliki hubungan lagi dengan kecerdasan, sarjana menjadi pengangguran karena sulitnya mendapatkan pekerjaan dengan bermodalkan ijazah sehingga hal tersebut menjadi acuan bahwa pendidikan bukan jaminan kesuksesan seseorang.