PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MURID KELAS V SD INPRES SARUDU V KABUPATEN PASANGKAYU PROVINSI SULAWESI BARAT
DOI:
https://doi.org/10.62388/jrgi.v2i2.306Kata Kunci:
Learning Outcomes, IPS, Quantum Teaching ModelAbstrak
Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang mencakup empat kali pertemuan. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes (evaluasi), dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitain menunjukan adanya peningkatan hasil belajar IPS pada murid kelas V SD Inpres Sarudu V Kabupaten Pasangkayu. Hal itu juga, data hasil observasi disetiap siklus menunjukan adanya perubahan sikap murid kearah positif. Hal di atas dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar murid yaitu nilai rata-rata kelas pada pra siklus sebesar 72 kemudian pada siklus I menjadi 72 dan pada siklus II menjadi 77. Jumlah murid mampu mencapai KKM ≥ 70 pada pra siklus ada 11 murid, pada siklus I ada 14 murid, dan pada siklus II ada 21 murid. Persentase ketuntasan pada pra siklus yaitu 52%, siklus I 66% dan siklus II 100%, sehingga pada siklus II sudah lebih mencapai kriteria 80% murid mencapai KKM ≥70.