IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATAN PEMAHAMAN DAN PENGAMALAM NILAI-NILAI AJARAN ISLAM PADA MASYARAKAT DESA SEPON KECAMATAN LAMASI KABUPATEN LUWU
DOI:
https://doi.org/10.62388/jrgi.v2i2.323Kata Kunci:
Implementasi, Pendidikan, Pengamalan, Nilai-nilaiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai ajaran Islam pada masyarakat Desa Sepon Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Pendidikan Agama Islam pada masyarakat Desa Sepon Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakkan analisis kualitatif. Adapun hasil penelitian ini yakni: 1) Implementasi pendidikan agama Islam di Desa Sepon tidak terjadi secara menyeluruh hanya sebagian saja karena dalam pendidikan agama Islam seseorang harus memahami atau mempunyai pengetahuan terlebih dahulu sebelum mengamalkan ajaran-ajaran Islam 2) Pendidikan agama Islam di Desa Sepon dipengaruhi beberapa faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung yakni adanya dukungan pemerintah terhadap kegiatan keagamaan seperti pengajian dan pembentukan majelis talim, yang orientasinya dapat membantu masyarakat untuk memahami dan mengamalkan ajaran Islam, merupakan dua cara pemerintah membantu Desa Sepon Kecamatan Lamasi dalam mengimplementasikan agama Islam sedangkan, faktor penghambat yakni kondisi fasilitas baik dari segi SDM yaitu pembina atau ustadz/ustadzah dan gedung yang masih kurang menjadi penghambat untuk melakukan kegiatan keagamaan sehingga berpengaruh kepada masyarakat yang kurang tentang ilmu pengetahuan agama Islam.