PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DI TK MUTIARA LAUT DESA OLUHUTA KECAMATAN KABILA BONE KABUPATEN BONE BOLANGO
DOI:
https://doi.org/10.62388/jrgi.v2i3.337Kata Kunci:
Anak Usia Dini, Kemempuan Kognitif, Media Pembelajaran, SainsAbstrak
Pengenalan tentang sains hendaknya dilakukan sejak usia dini dengan kegiatan yang menyenangkan dan melalui pembiasaan agar anak mengalami proses sains secara langsung. Hal itu dilakukan agar anak tidak hanya mengetahui hasilnya saja tetapi juga dapat mengerti proses dari kegiatan sains yang dilakukannya. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran sains terhadap kemampuan kognitif anak di TK Mutiara laut desa oluhuta kecamatan kabila bone kabupaten bone bolango. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode experiment yang di lakukaan untuk mengetahui pengaruh yang di berikan kepada kelas eksperimen. Penelitian ini direncanakan akan di laksanakan di TK Mutiara Laut Desa Oluhuta,Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Teknik pengmpulan data yang digunakn adalah obsevasi,angket dan dokumentasi. berdasarkan hasil penelitian yang telah dibahas pada pembahasan diatas maka dapat ditarik kesimpulannya yaitu terdapat pengaruh metode pembelajaran sains sederhana terhadap kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun, yang dibuktikan dengan uji normalitas hasil pretest sebesar 0,757, selanjutnya uji normalitas hasil posttest 0,147. Untuk pengujian hipotesis diperoleh hasil dari t hitung yakni 39,528 dan t tabel 2,1009. Hasil ini menunjukan t hitung > t tabel dengan α 0,05 yang berarti hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak.