MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 1 BUNTULIA

Penulis

  • Nursyaida Universitas Pohuwato
  • Moh Jenli Abbas Universitas Pohuwato

DOI:

https://doi.org/10.62388/jrgi.v2i3.338

Kata Kunci:

Facilities and Infrastructure, Learning Quality, Management

Abstrak

Sarana dan prasarana adalah salah satu bagian dari manajemen yang ada di lembaga pendidikan, sarana dan prasarana mempunyai peran yang sangat penting dalam suatu organisasi, institusi ataupun lembaga pendidikan.tujuan penelitian ini adalah mengetahui kendala yaitu belum optimalnya pelaksanaan pada pengelolaan sarana prasarana dan masih kurangnya media pembelajaran yang belum memadai. Dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Buntulia beralamat di Desa Taluduyunu Utara, Kecamatan Buntulia, Kabupaten Pohuwato Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data tentang manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMP Negeri 1 Buntulia penulis dapat memberi kesimpulan bahwa sebagian besar proses perencanaan, pengadaan, pemeliharaan, inventarisasi, dan pengahapusan sudah terlaksana dengan baik. Manajemen sarana dan prasarana sangat berpengaruh terhadap mutu pembelajaran disekolah dalam hal ini yaitu perencanaan pembelajaran sebagian besar sudah tercapai dengan baik, pelaksanaan pembelajaran sudah tercapai dengan baik, serta hasil pembelajaran sebagian besar tercapainya prestasi peserta didik dalam bidang sikap, perilaku, pengetahuan, dan keterampilan.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Nursyaida, & Jenli Abbas, M. . (2023). MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 1 BUNTULIA. Jurnal Riset Guru Indonesia, 2(3), 127–133. https://doi.org/10.62388/jrgi.v2i3.338