MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 1 MAKASSAR

Penulis

  • Andi Mulawakkan Firdaus Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.62388/jrgi.v2i3.381

Kata Kunci:

Berpikir Kreatif, Project Based Learning, Siswa SMP

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini berhubungan dengan model pembelajaran Project Based Learning dan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa, tujuan dari penelitian untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas VIII semester genap MTs Negeri 1 Makassar tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas VIII dengan jumlah 347, sedangkan sampel diambil 2 kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31, kelas VIII C sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30. Sampel diambil menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematika siswa penulis melakukan tes dalam bentuk essai sebanyak 5 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai t h it = 14,27. Dari tabel distribusi t pada taraf signifikan 5 % diketahui t daf = 2,00 artinya t hit > t daf , sehingga dapat disimpulkan Ada Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Firdaus, A. M. (2023). MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 1 MAKASSAR. Jurnal Riset Guru Indonesia, 2(3), 157–161. https://doi.org/10.62388/jrgi.v2i3.381