PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK DENGAN MEDIA INTERAKTIF ANIMASI PADA MATERI PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP

Penulis

  • Andi Muhammad Pallawagau Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Irmawanty Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Andi Muafiah Nur Universitas Muhammadiyah Makassar

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Media Interaktif Animasi, Ilmu Pengetahuan Alam

Abstrak

Masalah utama pada Penelitian ini yaitu media pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang menarik dan variatif sehingga membuat peserta didik kurang tertarik atau fokus dalam pembelajaran sehingga hasil belajar IPA peserta didik rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media interaktif animasi sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas IV UPTD SPF SDN 71 Maccini Kabupaten Soppeng. Jenis penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus yang mencakup tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV UPTD SPF SDN 71 Maccini Kabupaten Soppeng sebanyak 28 peserta. Data diperoleh dengan lembar observasi, tes dan dokementasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar peserta didik melalui penerapan media interaktif animasi sebagai media pembelajaran dimana pada siklus I rata- rata persentase aktivitas belajar peserta didik sebesar 70,36% dan pada siklus II meningkat menjadi 91,07%. Skor rata-rata hasil belajar IPA pada siklus I 68,93 dan yang tuntas 19 peserta didik atau 32% dengan kategori kurang, dan skor rata-rata hasil belajar IPA peserta didik pada siklus II meningkat menjadi 88,68 dan yang tuntas sebanyak 24 peserta didik atau 86% dengan kategori sangat tinggi. Dari hasil analisis tersebut disimpulkan bahwa hasil belajar IPA peserta didik kelas IV UPTD SPF SDN 71 Maccini Kabupaten Soppeng dapat ditingkatkan melalui penerapan media interaktif animasi sebagai media pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan penerapan media interaktif animasi sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik dan juga meningkat aktivitas belajar dari peserta didik.

Referensi

Agustina. (2021). Pengaruh Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 124 Kota Agung Bengkulu Utara. Skripsi. Bengkulu: IAIN Bengkulu.

Aminoto, T., & Pathoni, H. (2014). Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi Di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. Jurnal Sainmatika, 18-19. Dipetik Februari 22, 2023, dari https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/63217605/221167-penerapan-media-e-learning-berbasis-scho20200506-41164-herk7l-libre.pdf?1588776251=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DPenerapan_Media_E_Learning_Berbasis_Scho.pdf

Ardiawan, I. &. (2020). Kupas Tuntas Penelitian Tindakan Kelas (Teori,Praktik, dan Publikasinya). Bali: Nilacakra Publishing House.

Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ariska, M. D., Darmadi, D., & Murtafiah, W. (2018). Pengembangan media pembelajaran menggnakan adobe flash berbasis metakognisi untuk meningkatkan motivasi belajar matematika. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(01), 83-97.

Astutik, d. (2015). Pengembanan Media Pembelajaran Interaktif Multimedia Interaktif Berbantuan Software Lectora Inspire Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Dipetik November 27, 2022, dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/13731

Brecka, & Cervenanska. (2016). Research of technical knowledge and creativity development of children in pre-primary education through interactive whiteboard. Education and Information Technologies, 1611-1637. Dipetik Juli 10, 2023, dari http://dx.doi.org/10.1007/s10639-015-9405-5

Dimyanti, & Mudjiono. (2015). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fransisca, N. O., Pujiastuti, N. A., Ningrum, P. P., Khairina, A. D., & Suprapto, E. (2021). Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Berbantuan Media Bagi Siswa di Sekolah Inklusi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4525-4530.

Fikri, H., & Madona, A. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mutlimedia Interaktif. Yogyakarta: Samudra Biru.

Fredy, & Soenarto. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika pada Materi Bilangan Bulat Kelas IV SDN Lempuyangan 1 Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia, 162-172. Dipetik Juli 10, 2023, dari https://doi.org/10.21831/jpe.v1i2.2633

Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ira, H. I., Sudhita, I. W., & Mahadewi, L. P. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berpendekatan Ergonomi Partisipatori Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V SD. Dipetik 12 24, 2022, dari http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/jjpgsd/article/view/1360/1221

Johari, A., Hasan, S., & Rakhman, M. (2014). Penerapan Media Video Dan Animasi Pada Materi Memvakum Dan Mengisi Refrigeran Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Mechanical Engineering Education, 11. Dipetik Desember 20, 2022, dari https://ejournal.upi.edu/index.php/jmee/article/view/3731/2653

Krisdayanti, I., Murtafiah, W., Kholifah, T. S., & Yahya, F. H. (2023). Improving Learning Achievement of Plane Materials Through Tangram Media Using the Project-Based Learning Model. Indo Math: Indonesia Mathematics Education, 6(2), 116-129.

Muakhirin, B. (2014). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa SD. Jurnal Ilmiah Guru. Dipetik November 11, 2022, dari https://journal.uny.ac.id/index.php/cope/article/viewFile/2933/2453

Muis, A. A. (2014). Prinsip-Prinsip Belajar Dan Pembelajaran. Istiqra, 30-33. Dipetik Februari 23, 2023, dari http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/199

Munir. (2012). Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Murti, I. G. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd. MIMBAR PGSD UNIDAKSA, 1-11. Dipetik Desember 20, 2022, dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/7522

Murtafiah, W., Namiroh, S., Darmadi, D., Krisdiana, I., & Masfingatin, T. (2020). Mavendi (magnetic venn diagram): media pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan siswa di era normal baru. Sigma, 6(1), 1.

Musfiqon. (2012). Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Noorhafizah, & Asmawati. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Energi Panas Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Variasi Model Student Teams Achievement Divisions (Stad) Pada Siswa Kelas Iv Sdn Teluk Dalam 3 Banjarmasin. Jurnal Paradigma, 1-4. Dipetik Desember 20, 2022, dari https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/paradigma/article/view/2799

Nur, L. (2014). Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi Di Kelas XI SMAN 10 Kota Jambi. Jurnal Sainmatika, VIII. Dipetik Oktober 16, 2022, dari https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/63217605/221167-penerapan-media-e-learning-berbasis-scho20200506-41164-herk7l-with-cover-page-v2.pdf

Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., & Suharsono, N. (2014). Pengrauh Motovasi Belajar dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntnasi. IV. Dipetik November 6, 2022, dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/jjpe/article/view/3046

Rintayati, P., & Putro, S. P. (2014). Meningkatkan Aktivitas Belajajar(active learning) Siswa Berkarakter Cerdas dengan Pendekatan Sains Teknologi. Didaktika Dwija Indria. Dipetik Oktober 16, 2022, dari https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/82

Safitri, M., Murtafiah, W., Sanusi, S., Lukitasari, M., & Lestari, N. D. S. (2023, October). Development of E-comic learning media based on ethnomathematics to improve problem-solving in sequences and series materials. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2886, No. 1). AIP Publishing.

Siswati, d. (2019). Animasi 2D dan 3D Kelas XI untuk SMK/MAK. Malang: PT.Kuantum Buku Sejahtera.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suparmi, Yulianto, A., & Widiyatmoko, A. (2013). Pengembengan Media Pembelajaran IPA Education Card Berbasis Sains-Edutainment Tema Energi Kelas VIII. Unnes Science Education Journal. Dipetik Desember 14, 2022, dari http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej

Suryanta, I. M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Gambar Animasi Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Gugus Yos Sudarso Denpasar. MIMBAR PGSD UNIDAKSA. Dipetik Desember 20, 2022, dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/jjpgsd/article/view/2209

Suyono & Hariyanto. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Trilaksono, D., Darmadi, D., & Murtafi'ah, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Adobe Flash Professional Berbasis Literasi Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 180-191.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-23

Cara Mengutip

Muhammad Pallawagau, A., Irmawanty, & Muafiah Nur, A. (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK DENGAN MEDIA INTERAKTIF ANIMASI PADA MATERI PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP. Jurnal Riset Guru Indonesia, 3(1), 1–14. Diambil dari https://journal.almeeraeducation.id/jrgi/article/view/396