ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK TUNARUNGU KELAS II DI UPT SPF SD NEGERI MANNURUKI

Penulis

  • Regita Cahyani Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Andi Husniati Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Andi Ardillah Wahyudi Universitas Muhammadiyah Makassar

Kata Kunci:

Analisis, Kesulitan, Tunarungu, Soal Cerita

Abstrak

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar matematika pada peserta didik tunarungu kelas II di UPT SPF SD Negeri Mannuruki dan apa penyebab kesulitan belajar matematika pada peserta didik tunarungu kelas II di UPT SPF SD Negeri Mannuruki. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subyek penelitian ini adalah 1 orang peserta didik tunarungu kelas II di UPT SPF SD Negeri Mannuruki. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami oleh siswa tunarungu dalam menyelesaikan masalah matematika  dalam bentuk soal cerita adalah: 1) Kesulitan dalam memahami konsep; 2) Kesulitan memahami prinsip; 3) Kesulitan memahami masalah verbal. Penyebab kesulitan belajar matematika dari segi internal adalah minat belajar matematika subyek, kebiasaan belajar matematika subyek dan motivasi belajar subyek. Sedangkan dari segi eksternal dapat dilihat dari lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah.

Referensi

. Adamura, F., Murtafiah, W., & Budiyanti, W. O. (2022, January). Development of Example Non Example Learning Devices with Visual Thinking Approach in the Set Material of 7th Grade SMP. In 2nd International Conference on Education and Technology (ICETECH 2021) (pp. 296-300). Atlantis Press.

. Afifah, D. R., Chasanatun, F., Lestari, S., & Murtafiah, W. (2024). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Model Direct Instruction Berbasis Digital Book Bagi Mahasiswa Slow Learner. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 723-728.

. Anditiasari, N. (2020). "Analisis Kesulitan Belajar Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika‟'. Jurnal Matematika dan Pendidikan, 5(2), pp. 183–194.

. Dewi, Novita Karina. 2020. "Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan Siswa Kelas VII". Jurnal Primatika. Vol 9 (2).

. Ernawati, Rena. 2016. "Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis, Penalaran, Dan Dosposisi Matematis Siswa SMP Dengan Pembelajaran Strategi Abduktif deduktif (PSAD)". Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.

. Fauziyah, E. (2021). "Bahan Ajar Matematika Bilangan SMP Kelas VII". Universitas Pendidikan Indonesia.

. Hasmira (2016) Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Peserta Didik Tunarungu Kelas Dasar III Di SLB YPAC Makkasar. Skripsi. Universitas Negeri Makassar.

. Inayati, M., Suroso, S., & Murtafiah, W. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Segitiga Dan Segiempat Dengan Pendekatan Rme (Realistic Mathematics Education) Untuk Siswa Kelas VII MTSN Rejosari Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2012/2013. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 2(2), 43-49.

. Jamaris, M. (2014). "Kesulitan Belajar". Bogor: Ghalia Indonesia.

. Junaedi, Ahsan. (2016). "Permasalahan Membaca Pada Siswa Tunarungu". JRR, 1. Hal 13-18.

. Khaerani and Asih, A. (2019). "Analisis Kesulitan Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Belajar Matematika Di Kelas Inklusi". Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

. Kristofora, M., & Sujadi, A. A. (2017). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Dengan Menggunakan Langkah Polya Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Prisma, 6(1).

. Lenawati, I. P., Murtafiah, W., & Sanusi, S. (2022, September). How Are Students’ Higher Order Thinking Skills (HOTS) in Mathematical Problem Solving Viewed From the Ability to Understand Mathematical Concepts? In AIP Conference Proceedings (Vol. 2633, No. 1). AIP Publishing.

. Lestari, S., Murtafiah, W., Trisnani, R. P., & Chasanatun, F. (2021). Analisis Hasil Belajar Mahasiswa Slow Learners melalui Implementasi Guided Project Based E-Learning. Jurnal Keperawatan Jiwa, 9(3), 657-664.

. Lestari, S., Chasanatun, F., Murtafiah, W., & Trisnani, R. P. (2021). Sahabat Berkebutuhan Khusus Sebagai Pendidik Professional (Upaya Peningkatan Daya Serap Mata Kuliah Keprofesian Bagi Mahasiswa Berkebutuhan Khusus). Madiun: UNIPMA Press.

. Lutfiani, N, dkk. (2021) "Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Anak Tunarungu". Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika. 3. pp. 9–19.

. Masfingatin, T., Apriandi, D., Murtafiah, W., Suprapto, E., & Lusiana, R. (2024). Exploring decision-making prospective mathematics teacher in solving geometric proof problems. Jurnal Elemen, 10(1), 105-120.

. Nariyah. (2016). "Analisis Kesulitan – Kesulitan Dalam Menyelesaikan Soal Uraian Pokok Bahasan Bilangan Bulat Kelas VI SD Negeri Segugus Dewi Sartika Kecamatan Tegal Selatan". Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

. Nofiarurrahmah, F.N. (2018). "Problematika Anak Tunarungu Dan Cara Mengatasinya". Jurnal Quality, 6(1), P. 1.

. Polya, G. (2013). "How To Solve It (A New Aspect of Mathematical Method)". Garden City, New York: Princeton University Press (Stanford University).

. Rahayu, L.D. dan Kusuma, A.B. (2019). "Peran Pendidikan Matematika Di Era Globalisasi" , Prosiding Sendika 5 (1).

. Sholekah, Laili Ma'atus, dkk. 2017. "Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Koneksi Matematis Materi Limit Fungsi.". Wacana Akademika, 1 (2).

. Susanti. (2015). "Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Literasi Sains Bertema Listrik dalam Kehidupan untuk Kelas IX". Unnes Physics Education Journal, 4(3).

. Yeni, E.M. (2015) "Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar". Jurnal Pendidikan Dasar. 2(2), p. 10.

. Zakiyah. (2019). „Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Campuran Siswa Kelas IV di MI Hijriyah II Palembang". Jurnal ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9, pp. 41–50.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-23

Cara Mengutip

Cahyani, R., Husniati, A., & Ardillah Wahyudi, A. (2024). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK TUNARUNGU KELAS II DI UPT SPF SD NEGERI MANNURUKI. Jurnal Riset Guru Indonesia, 3(1), 15–21. Diambil dari https://journal.almeeraeducation.id/jrgi/article/view/398