PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK

Penulis

  • Jihan Wulandari Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Ummu Khaltsum Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Andi Syamsul Alam Universitas Muhammadiyah Makassar

Kata Kunci:

Teks Cerita Pendek, Problem Based Learning

Abstrak

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana menerapkan model Problem Based Leaning untuk meningkatkan Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Cerita Pendek Siswa Kelas IV SDN 127 Inpres Moncongloe melalui model Problem Based Learning. Pengunaan model Problem Based Learning diharapkan mampu mempermudah siswa dalam memahami materi dan mampu menulis teks cerita pendek agar kemampuan siswa meningkat. Melalui model Problem Based Learning peningkatan dapat dilihat secara proses maupun hasil. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindak Kelas (PTK), Penelitian ini dilaksanakan di SDN 127 Inpres Moncongloe. Pelaksanaan penelitian ini terbagi dalam dua siklus, setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Data penelitian diperoleh melalui (1) tes, dan (2) observasi pada saat pembelajaran berlangsung. Teknik analisis data dilakukan dengan Teknik deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini dapat dilihat dari adanya perubahan nilai yang lebih baik di setiap siklusnya. Keberhasilan penelitian ini dilihat dari dua kriteria, yaitu proses dan hasil. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut. Pertama penggunaan model problem based learning mampu meningkatkan kualitas pembelajaran menulis teks cerita pendek pada siswa. Hal ini ditunjukan pada peningkatan proses di aspek situasi belajar, siswa lebih fokus dalam pembelajaran, siswa juga semakin aktif dalam berkelompok, dan pembelajaran menulis teks cerita pendek menjadi lebih menyenangkan. Penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil pembelajaran menulis karangan teks cerita pendek. Secara keseluruhan pada siklus I hingga akhir siklus II semua askpek dan kriteria menulis teks cerita pendek mengalami peningkatan yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning berhasil dan mampu meningkatkan keterampilan menulis teks cerita pendek siswa kelas IV SDN 127 Inpres Moncongloe.

Referensi

Afni, E. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Menulis Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Islam Riau (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Anars, M. G., Munaris, M., & Nazaruddin, K. (2018). Kritik Sosial dalam Kumcer Yang Bertahan dan Binasa Perlahan dan Rancangan Pembelajarannya. Jurnal Kata: Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 6(3 Jul).

Arikunto. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Budiarti, E., & Murtafiah, W. (2023). Upaya Meningkatakan Hasil Belajar Tematik Integratif Melalui Model Problem Based Learning. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 7(2), 177-186.

Cahyandani, N. Implementation of The Problem-Based Learning Model to Improve The Learning Outcomes of Class IV Students of Jatisobo 4 Elementary School. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 5, No. 5, pp. 20-27).

Dama, L., Sugito, F. A., Umar, F. A., Pakaya, M., Halidu, S., Katili, A. Y., ... & Adji, H. S. (2023). Menulis Dilihat dari Berbagai Sudut Pandang. Ideas Publishing.

Darmawan, D. S., Nuresa, Q. O. A., Khoirunisa, D. N., Widodo, E. R., Wulandari, Y., & Suprapto, E. (2021). Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika di Sekolah Inklusi. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 9(2), 236-244.

Guru, M. P. L. P. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya. UNesa Modul Pendidikan Latihan Profesi Guru, 1(2), 24-36.

Hayati, H. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V Sekolah Dasar. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 3, No. 4, pp. 1196-1203).

Hosni, P. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Cerita Fabel Berbasis Contextual Teaching And Learning di Kelas VII MTs Pancasila (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu).

Kapitan, Y. J., Harsiati, T., & Basuki, I. A. (2018). pengembangan bahan ajar menulis teks cerita fantasi bermuatan nilai pendidikan karakter di kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 100-106.

Kosasih, A. N., Sukatmo, S., & Isnaini, H. (2023). Problematika menulis teks cerpen pada proses pembelajaran siswa. Jurnal Motivasi Pendidikan dan Bahasa, 1(1), 51-60.

Krisdayanti, I., Murtafiah, W., Kholifah, T. S., & Yahya, F. H. (2023). Improving Learning Achievement of Plane Materials Through Tangram Media Using the Project-Based Learning Model. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 6(2), 116-129.

Kusuma, Y. Y. (2020). Peningkatan hasil belajar Siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1460-1467.

Lusiana, R., Suprapto, E., & Sukristini, I. (2021). The Effectiveness of Problem-Based Learning (PBL) on Mathematics Learning Achievement in Terms of Student Adversity Quotient (AQ). Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(02), 55-63.

Megantoro, D. (2015). Pengaruh Keterampilan, Pengalaman, Kemampuan Sumber Daya Manusia terhadap Usaha Kecil Menengah (Studi Kasus di Panjangrejo, Srihardono, Pundong, Bantul Yogyakarta). Universitas PGRI Yogyakarta.

Mitra, D. R., Murtafiah, W., Eko, Y. T. H., & Nuning, I. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas III SD Negeri Guyung 4. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 7(1), 129-137.

Octavia, S. A. (2020). Model-model pembelajaran. Deepublish.

Parnawi, A. (2020). Penelitian tindakan kelas (classroom action research). Deepublish.

Rini, A. F., Murtafiah, W., & Setyowati, R. (2023). Improving Problem-Solving Skills through Problem-Based Learning (PBL) for Students at SMAN 1 Jogorogo. Al Hikmah: Journal of Education, 4(2), 233-246.

Syukri, R. A., Bahri, A., & Khaltsum, U. (2021). Penerapan model pembelajaran fun learning dalam meningkatkan hasil belajar menulis karangan narasi siswa sekolah dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), 51-60.

Simatupang, Y. J. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Dengan Model Pembelajaran Pair Check. Jurnal Metamorfosa, 8(2), 191-206.

Sukmawati, H. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Ash-Shahabah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 6(1), 26-31.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis: Suatu Keterampilan dalam Berbahasa. Bandung: Angkasa.

WENDA, R. (2023). Kritik Sosial Dalam Kumpulan Cerpen Seekor Bebek Yang Mati Di Pinggir Kali Karya Puhut Ea (Doctoral dissertation, IKIP PGRI Pontianak).

Wulandari, R. (2022). Analisis Psikologi Pembaca Pada Kumpulan Cerpen Atas Nama Derita Karya Deny Januar Ali Sebagai Alternatif Bahan Ajar Siswa Kelas XI MIPA (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Yanto, A., Agustina, E. S., & Munaris, M. (2013). Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri Model Talang Padang. Jurnal Kata: Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 1(7).

Yasin, M., & Novaliyosi, N. (2023). Sistematik Literature Review: Integrasi Model Problem Based Learning Dengan Media Pembelajaran Dalam Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(2), 728-747.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-23

Cara Mengutip

Wulandari, J., Khaltsum, U., & Syamsul Alam, A. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK . Jurnal Riset Guru Indonesia, 3(1), 22–31. Diambil dari https://journal.almeeraeducation.id/jrgi/article/view/399