PENGARUH PENERAPAN MODEL REACT TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Penulis

  • Layta Nur Agusti Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Rosmini Madeamin Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Ummu Khaltsum Universitas Muhammadiyah Makassar

Kata Kunci:

REACT Model, Learning Outcomes

Abstrak

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana menerapkan metode REACT terhadap hasil belajar menulis karangan deskripsi pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V di SD Negeri Longka Kecamatan Parigi Kabupaten Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan model REACT terhadap hasil belajar menulis karangan deskripsi pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Negeri Longka Kecamatan Parigi Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian one grub pretest-posttest. Penelitian ini dilaksanakan selama satu minggu. Sampel pada penelitian ini adalah ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Longka sebanyak 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) skor rata-rata tes hasil belajar menulis karangan pada mata pelajaran bahasa Indonesia adalah 89,25 dengan KKM 75. Dari hasil tersebut diperoleh bahwa 20 peserta didik (100%) telah mencapai ketuntasan individu dan ini berarti telah mencapai ketuntasan individu dan ini berarti bahwa ketuntasan secara klasikal telah tercapai. 2). Terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik dengan penerapan model REACT. Hasil analisis inferensial pada pengujian hipotesis bahwa indikator belajar menerima H1 pada α = 0,05.

Referensi

Agustin, Liya, Nurlaela. 2007. Penggunaan Media Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Asriyanti, Adam Andi, Khaltsum Ummu (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Journal of Basic Education , 172-181.

Belajar Siswa SMA Negeri 1 Sungai Ambawang. Pontianak: Jurnal Program Studi Pendidikan Kimia FKIP.

Budiyarti, Yeti. 2011.Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

CORD, 1999. Teaching Mathematics Contextually. Texas: United State of Amerika.

Crawford, M. L. 2001, TeachingContextually, Texas: CCI Publishing, INC.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi Depdikbud.

Ellis, S. S. 1979. "Models of Teaching: A Solution to the Teaching Style/Learning Style Dilemma". Educational Leadership, (pp. 274--277.

Fathiyah, Intan, Azka. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran REACT Terhadap Hasil Belajar Berpikir Tingkat Tinggi Mata Pelajaran Fiqih MAN 2 Situbondo. Jember: UIN KIAI HAJI Achmad Siddiq Jember.

Halim, A. (2004). Teknik Pengajaran Menulis. Jakarta: Djambatan (Mirnawati, 2019).

Haryadi dan Zamzani. (1996). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Henry Guntur Tarigan. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Huda, M. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ihsani, Annisa, Zahra, dkk.2020. Penerapan Model Pembelajaran REACT Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Konsep Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan. Serang: Universitas Ageng Tirtayasa.

Kusumaningrum, Devi. 2016. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Mirnawati, F. (2019). Penerapan Teknik Clustering Dalam Mengembangkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV MIPesanten Datuk Sulaiman Palopo. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran , 165-177.

Octavia, Shilpy A. 2020 Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Purnamasari, Erin. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran REACT Terhadap Hasil.

Purnamasari, Pratiwi, dkk. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Melalui Model Pembelajaran REACT Pada Materi Elastisitas. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

S. Arikanto, 2010. Penggunan Media Pop-up book Untuk Meningkatkan Kemampuan Kosa Kata BahasaInggris Anak Usia Dini. Jakarta: Rineka Cipta.

Sardiman, 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Siswa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Yuliati, L. 2008. Model-Model Pembelajaran Fisika Teori dan Praktek. Bandung: Universitas Negeri Malang.

Zuhriya, Umi. 2023. Contoh soal mata pelajaran bahasa Indonesia untuk kelas 5 SD. Jakarta: tirto.id

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-31

Cara Mengutip

Nur Agusti, L., Madeamin, R. ., & Khaltsum, U. (2024). PENGARUH PENERAPAN MODEL REACT TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Jurnal Riset Guru Indonesia, 3(1), 39–50. Diambil dari https://journal.almeeraeducation.id/jrgi/article/view/402