PENGEMBANGAN MODUL AJAR IPAS BERBASIS MASALAH (PBL) PADA JURUSAN NAUTIKA KAPAL PENANGKAP IKAN
DOI:
https://doi.org/10.62388/jrgi.v3i2.437Kata Kunci:
Modules, IPAS, Problem Based LearningAbstrak
This study aims to develop a teaching module used by SMK Cadets majoring in Fishing Vessel Nautical. This module was developed using development research or Research and Development (R&D) which aims to produce or develop a teaching module based on the Problem Based Learning (PBL) learning model in the subject of Science with the topic of Material and Its Changes. The development of this teaching module was carried out using the 4D development model developed by Sivasailam Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, and Melvyn I. Semmel with 4 stages, but in this study only 3 stages were used. The results obtained a teaching book on the topic of material and its changes that is valid, practical, and effective.
Referensi
Ulfa, R., Susilawati, W. O., & Darniyanti, Y. (2021). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ppkn Di SDN 04 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 125–131
Linda, L. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPAS Kelas X DKV SMK Negeri 5 Pekanbaru Tahun 2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 169–174.
P. Heny And E. Aviventi, “Profil Kemampuan Metakognitif Siswa Jurusan Kesehatan Pada Mata Pelajaran Ipas (Biologi) Di Smk Muhammadiyah 3 Wates,” Al Jahiz J. Biol. Educ. Res., Vol. 4, No. 1, Pp. 9–15, 2023.
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA abad 21 dengan literasi sains siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 34-42
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial (IPAS) Fase A- Fase C. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi Untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3)
Utami Maulida. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka Utami Maulida. Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, (Vol. 5, Issue 2)
Ardiansyah, Sagita Mawaddah, F., Juanda, & Keguruan Dan, F. (2023). Assesmen Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. In Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia (Vol. 3, Issue 1).
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187.
Sari DAP, Hidayat M, Kurniawan W. Pengembangan Modul Elektronik Fisika Berbasis Pendekatan Saintifik Materi Getaran Harmonis Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker. EduFisika;4(1):79–91
Aryanti, D.Y., Ulandari, S., & Nuro, A.S. (2023). Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar dalam Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian. E-ISSN: 2776-5105 Hal. 1915-1925
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Retnawati, H. 2016. Validitas Reliabilitas & Karakteristik Butir (Panduan untuk Peneliti, Mahasiswa, dan Psikometrian) berbasis software. Yogyakarta: Nuha Medika.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Syahrir, Susilawati. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Mandala Education, Vol. 1 No.2 Hal. 162-171
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.