PENERAPAN MEDIA QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PERBANDINGAN DI SMP 01 ISLAM JEMBER

Penulis

  • Hildatun Nikmah Universitas Islam Jember
  • Fury Styo Siskawati Universitas Islam Jember
  • Muhlisatul Mahmudah Universitas Islam Jember

DOI:

https://doi.org/10.62388/jrgi.v3i2.452

Kata Kunci:

quizizz, hasil belajar

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, penelitian ini menggunakan metode PTK dengan desain siklus, di mana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing siklus 2 pertemuan, sasaran utama penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP 01 Islam Jember sebanyak 25 siswa. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan media quizizz dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan hasil tes siklus I yaitu 76%, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 100%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan media quizizz dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perbandingan

Referensi

Ardiansyah, M. (2022). Efektivitas Penggunaan Platform Quizizz dalam Meningkatkan Minat dan Pemahaman Konsep Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(3), 417–423. https://doi.org/10.30998/sap.v6i3.9892

Asna Tiana, Apri Damai Sagita Krissandi, & M. S. (2021). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Game Quizizz. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi), 2(6), 144–149.

Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya. 8, 261–272.

Daring, P. (2020). Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Daring, Media Game. 32(2), 57–68.

Hamzah B, N. M. (2019). EVALUASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN Idrus L 1. Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran, 2, 344.

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.

Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729

lamsari purba, leony sanga. (2019). Peningkatan konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29–39.

Melinda, T. R. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Problem Solving siswa Kelas IV MIN 1 Adirejo Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. 16–43.

Muliya, M. (2022). Penerapan Media Quizizz Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Busana 2. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3(1), 65–78. https://doi.org/10.37304/enggang.v3i1.7404

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127

Nurrita. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187.

Solikah, H. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Quizizz terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Teks Persuasif Kelas VIII di SMPN 5 Sidoarjo Tahun Pelajaran 2019 / 2020. Bapala: Jurnal Mahasiswa UNESA, 7(3), 1–8. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/34508

Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 350–361. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33

Utomo, H. (2020). Penerapan media quizizz untuk meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran tematik siswa kelas IV SD Bukit Aksara Semarang. Jurnal Kualita Pendidikan, 1(3), 37–43. https://doi.org/10.51651/jkp.v1i3.6

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-30

Cara Mengutip

Hildatun Nikmah, Fury Styo Siskawati, & Muhlisatul Mahmudah. (2024). PENERAPAN MEDIA QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PERBANDINGAN DI SMP 01 ISLAM JEMBER. Jurnal Riset Guru Indonesia, 3(2), 133–138. https://doi.org/10.62388/jrgi.v3i2.452

Terbitan

Bagian

Articles