PENGARUH MODEL RADEC (READ, ANSWER, DISCUSSION, EXPLAIN, AND CREATE) TERHADAP KEMAMPUAN BEPIKIR TINGKAT TINGGI

Penulis

  • Magfirah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Muh. Erwinto Imran Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Amri Amal Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.62388/jrgi.v3i3.454

Kata Kunci:

Kemampuan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran RADEC

Abstrak

Pengaruh Model Pembelajaran RADEC terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Kelas V pada Mata Pelajaran IPA SD Negeri 87 Tamanroya.. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar. Pembimbing I Muh. Erwinto Imran dan Pembimbing II Amri Amal Model RADEC dapat meningkatkan kemampuan dan keaktifan siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung. Selain itu, kemampuan membaca pemahaman siswa juga akan meningkat dengan sintaknya read. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir Tingkat Tinggi serta pengaruhnya terhadap penggunaan model pembelajaran RADEC Siswa kelas V pada Mata pelajaran IPA SD Negeri 87 Tamanroya. Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan metode quasi eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Peserta Didik kelas V SD Negeri 87 Tamanroya yang berjumlah 36 peserta didik dengan sampel kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sample jenuh. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran RADEC sedangkan variabel terikatnya yaitu kemampuan berpikir Tingkat Tinggi peserta didik kelas V pada pembelajaran IPA SD Negeri 87 Tamanroya. Pada teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir Tingkat Tinggi berupa soal essay, observasi dan dokumentasi. Intsrumen tes kemampuan berpikir Tingkat Tinggi dan lembar observasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistic deskriptif, analisis inferensial yaitu uji prasyarat dan uji hipotesis (independent sample t test). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai Sig (2- tailed) sebesar 0,035 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara rata- rata kemampuan berpikir kritis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran RADEC dengan model pembelajaran Problem Based Learning.

Referensi

Abdurrahman, M. (2018). Anak Berkesulitan Belajar. Rineka Cipta.

Andini, S. R., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model RADEC pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1435–1443. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/960

Arkwright, D., Iriani, R., Hasyim, M., Tanjung, R., & Sari, M. (2023). Penelitian Operasional. PT Global Eksekutif Teknologi.

Dewi, E. M. P., Qamaria, R. S., Widiastuti, A. A., Widyanto, A., & Marpaung, J. (2024).

Pendidikan Indonesia Di Era Globalisasi, Tantangan Dan Peluang. Nas Media Pustaka. Endrayanto, H. Y. S. (2021). Strategi Menilai Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS).

PT Kanisius.

Fuziani, I., Istianti, T., & Arifin, M. H. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Radec dalam Merancang Kegiatan Pembelajaran Keberagaman Budaya di SD Kelas IV. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8319–8326.

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan. Hidayatul Quran Kuningan.

Info, A. (2023). Higher Order Thinking Skills ( HOTS ) dalam pembelajaran social studies di sekolah menengah atas. 10(1), 50–61.

Irawan, D., & Julianto, E. (2020). Rancang bangun alat two phase flow ( air-udara ) sebagai media pembelajaran dan praktikum mahasiswa skala laboratorium. 9(2), 210–215.

Irmawati, R., Rahayu, A., & Ratnasari, S. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS ( HOTS ). 1(4), 247–257.

Iwanda, C. N. S., Malika, H. N., & Aqshadigrama, M. (2022). RADEC sebagai Inovasi Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pasca Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Desember, 2022(24), 430–440. https://doi.org/10.5281/zenodo.7494585

Jainuddin. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Latihan Menyelesaikan Soal Secara Sistematis Pada Peserta Didik Kelas IX, IPA I SMA Negeri 2 Sungguminasa. Journal Of Education, 1(3), 44–52.

Kaharuddin, A., & Hajeniati, N. (2020). Pembelajaran Inovatif dan Variatif. Pusaka Almaida.

Kelana, J. B., & Wardani, D. S. (2021). Model Pembelajaran IPA SD. Edutrimedia Indonesia.

Lie, A., Tamah, S. M., Gozali, I., & Triwidayati, K. R. (2020). Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. PT Kanisius.

Maspiroh, I., & Sartono, E. K. E. (2022). Model Pembelajaran RADEC untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan, 4(2).

Mirdanda, A. (2019). Mengelola Aktivitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar. PGRI Provinsi Kalbar.

Muhyi, M., Hartono, Budiyono, S. C., Satianingsih, R., Sumardi, & Rifai, I. (2018).

Metodologi Penelitian. Adi Buana University Press.

Mustadi, A. (2020). Landasan Pendidikan Sekolah Dasar. UNY Press.

Payadnya, I. P. A. A., & Jayantika, I. G. A. N. T. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS. CV Budi Utama.

Penelitian, A., & Susanto, E. D. I. (2014). PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS V PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN.

Prasetyani, E., Hartono, Y., & Susanti, E. (2016). TRIGONOMETRI BERBASIS MASALAH DI SMA NEGERI 18 PALEMBANG. 1(1), 31–40.

Pratama, Y. A., Sopandi, W., & Hidayah, Y. (2019). Model Pembelajaran Radec ( Read- Answer-Discuss-Explain And Create ) : Pentingnya Membangun Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Konteks. 2(1), 1–8.

Pratama, Y. A., Sopandi, W., Hidayah, Y., & Trihatusti, M. (2020). Pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa sekolah dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(2), 191–203. https://doi.org/10.22219/jinop.v6i2.12653

Rindiana, T., Arifin, M. H., & Wahyuningsih, Y. (2022). Model Pembelajaran Radec Untuk Meningkatkan Higher Order Thingking Skill Dalam Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(1), 89–100. https://doi.org/10.36379/autentik.v6i1.186

Roflin, E., Liberty, I. A., & Pariyana. (2021). Populasi, Sampel, Variabel Dalam Penelitian Kedokteran. NEM.

Saido, G. M., Siraj, S., Bakar, A., Nordin, B., & Saadallah, O. (2015). Higher Order Thinking Skills Among Secondary School Students in Science Learning. 3(3), 13–20.

Salam, A. (2023). Metodfe Penelitian Kualitatif. CV. Azka Pustaka. Sani, R. A. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS. Tira Smart.

Sani, R. A. (2022). Menulis Laporan Penelitian dan Artikel Ilmiah. Bumi Aksara.

Sopandi, W., Imran, M. E., Handayani, H., & Anwar, C. (2020). Pengembangan Kompetensi Guru melalui Sosialisasi dan Workshop Model Pembelajaran RADEC Berorientasi Multiliterasi. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(3), 823–831. http://www.ppm.ejournal.id/index.php/pengabdian/article/view/364

Sopandi, W., Pratama, Y. A., & Handayani, H. (2019). Sosialisasi dan Workshop Implementasi Model Pembelajaran Dasar dan Menengah [ Dissemination and Implementation Workshop of RADEC Learning Models for Primary and Secondary Education Teachers ]. 8(1), 19–34. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.1853

Sopandi, W., Sujana, A., Sukardi, R. R., Sutinah, C., Yanuar, Y., Imran, M. E., Suhendra, I., Dwiyani, S. S., Sriwulan, W., Nugraha, T., Sumirat, F., Nurhayati, Y., Kusumastuti, F. A., Lestari, H., Yuniasih, N., Nugraheny, D. C., & Suratmi. (2021). Model Pembelajaran RADEC. UPI Press.

Suharyat, Y. (2022). Metode Penelitian Pendidikan. Wawasan Ilmu.

Trianto, H. S., Soetjiningsih, C. H., & Setiawan, A. (2020). Faktor Pembentuk Kesejahteraan Psikologis pada Milenial. 4, 105–117.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-17

Cara Mengutip

Magfirah, Muh. Erwinto Imran, & Amri Amal. (2024). PENGARUH MODEL RADEC (READ, ANSWER, DISCUSSION, EXPLAIN, AND CREATE) TERHADAP KEMAMPUAN BEPIKIR TINGKAT TINGGI. Jurnal Riset Guru Indonesia, 3(3), 139–148. https://doi.org/10.62388/jrgi.v3i3.454