PEMANFAATAN POJOK BACA DI DALAM KELAS DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Fitra Angraeni Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nur Rahma Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.62388/jrgi.v3i3.472

Kata Kunci:

Pojok baca, minat baca, sekolah dasar

Abstrak

Minat baca merupakan keterampilan yang diperoleh setelah seseorang lahir, bukan keterampilan bawaan. Minat baca yang tinggi akan membuat seseorang semakin sering membaca dan memahami apa yang dibaca. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemanfaatan pojok baca didalam kelas dalam meningkatkan minat baca siswa kelas V UPTD SDN 4 Barru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan pojok baca dalam meningkatkan minat baca peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di UPTD SDN 4 Barru. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan pojok baca berperan penting dalam meningkatkan minat baca siswa. Pemanfaatan pojok baca ini didukung oleh beberapa faktor:1) Desain Menarik: Pojok baca didesain dengan menarik, dengan buku-buku yang disusun rapi dan beragam, termasuk buku cerita dan nonfiksi. 2) Lokasi Strategis: Pojok baca terletak di lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh siswa. 3) Suasana Nyaman: Pojok baca menyediakan suasana yang nyaman dan mendukung kegiatan membaca. Wali kelas V juga memiliki peranan penting dalam memberikan motivasi serta dorongan terhadap siswa siswa untuk terus membaca sehingga pemanfaatn pojok baca dikelas V UPTD SDN 4 Barru bisa berjalan dengan baik

Referensi

Abid, S., Sari, R., & Margareta, E. (2023). Pendampingan Pembuatan Pojok Baca Sebagai Alternatif

Mewujudkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Joong-Ki: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 73-80.

Adela, D. (2022). Implementasi Program Pojok Baca Sebagai Upaya Menumbuhkan Minat Baca

Siswa di SDN Sawahlega. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2762-2769.

Ardiansyah et al. (2019). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Kontekstual Berbasis Multiple

Representations Pada Materi Fluida Statis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal

Pendidikan Fisika, VII (2), 265-278.

Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan

Konseling, 2(1), 54-60.

Faradina, N. (2017). Pengaruh program gerakan literasi sekolah terhadap minat baca siswa di SD

Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten. Hanata Widya, 6(8), 60-69.

Faiz et al. (2022). Pemanfaatan Pojok Baca dalam Menanamkan Minat Baca Siswa Kelas 3 di SDN 1

Semplo, Jurnal Lensa Pendas, 7(1), 58-66.

Husna, Z. (2020). Pemanfaatan Pojok Baca Kelas Dalam Peningkatan Gerakan Literasi Sekolah.

Ecodunamika, 3(2).

Julaiha, S., & Ramadhanti, N. N. (2019). Pemanfaatan sudut baca dalam meningkatkan minat baca

siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda.

Kasim, H., Sabarudin, S., Mamonto, S. B., & Mokodongan, F. (2023). Analisis Manfaat Pojok Baca

untuk Menanamkan Minat Baca Siswa Kelas IV SD Negeri Ringinsari. Fondatia, 7(1), 169-177.

Kurniawan, A. R., Destrinelli, D., Hayati, S., Rahmad, R., Riskayanti, J., Wasena, I. S., &Triyadi, Y.

(2020). Peranan Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi

Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 48-57.

Lukman, & Herwandi. (2023). PENGARUH MODEL PQ4R PADA KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 62–70. https://doi.org/10.62388/jpdp.v3i1.316

Oktaviani, D. A., Damayanti, R. P., Rizqiyah, A., &Hidayati, S. N. (2023). Implementasi Poca Untuk

Meningkatkan Literasi Pada Siswa Kelas III di SDN Pabean No. 04 Dringu Probolinggo. Innovative:

Journal Of Social Science Research, 3(4), 5281-5292.

Pradana, F. A. P. (2020). Pengaruh budaya literasi sekolah melalui pemanfaatan sudut Baca terhadap

minat membaca Siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 81-85.

Satori, D. dan Aan, K. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Alfabeta

Savitra, N. (2022). Pemanfaatan Pojok Baca Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Kelas VA

Pada MIN 4 Banda Aceh (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).

Setria, S. U. R., &Isti, I. M. (2023). Pemanfaatan Pojok Bacaan Untuk Meningkatkan Keterampilan

Membaca Siswa Kelas IV SDN Pilang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(1),

-452.

Wiyanti, H. (2023). Pengembangan Sarana Pojok Baca Untuk Meningkatkan Minat Baca dan Literasi Siswa SDN Sisir 04 Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(4), 2130-2151.

Wulanjani, A. N., & Anggraeni, C. W. (2019). Meningkatkan minat membaca melalui gerakan literasi

membaca bagi siswa sekolah dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26-31.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-30

Cara Mengutip

Fitra Angraeni, & Nur Rahma. (2024). PEMANFAATAN POJOK BACA DI DALAM KELAS DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Riset Guru Indonesia, 3(3), 159–164. https://doi.org/10.62388/jrgi.v3i3.472