PERAN TEKNOLOGI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.62388/jrgi.v3i3.473Kata Kunci:
teknologi, pembelajaran, digitalAbstrak
Pemanfaatan teknologi digital memegang peranan penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah-sekolah di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan mengumpulkan data dari berbagai referensi untuk memahami dampak penerapan teknologi digital serta potensinya dalam memperbaiki proses belajar. Hasil studi menunjukkan bahwa teknologi pendidikan memberikan kontribusi signifikan dalam mendukung pembelajaran yang interaktif, memudahkan akses informasi, dan meningkatkan mutu pendidikan. Namun, penerapan teknologi masih menghadapi berbagai tantangan, seperti keterbatasan infrastruktur, biaya yang tinggi, dan kurangnya keterampilan guru dalam menggunakan teknologi secara optimal. Untuk mengatasi kendala tersebut, diperlukan upaya seperti memastikan akses teknologi yang memadai, meningkatkan kompetensi guru, dan menyusun kebijakan yang mendukung pemanfaatan teknologi di sektor pendidikan.
Referensi
Salsabila, U., Hanifah, & Agustian, N.. Peran teknologi pendidikan dalam pembelajaran. Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, vol.(no.), 124-125. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Diakses dari, https://ejournal.stitpn.ac.id
Ully, C., Sandrasyifa, & Nugraheni, N. (2024). Teknologi berperan penting dalam pendidikan lanjutan khususnya di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Semarang. Diakses dari https://jurnalistiqomah.org.
Stukalenko, N. M., Zakhina, B. B., Kukubaeva, A. K., Smagulova, N. K., & Kazhibaeva, G. K. (2016). Studying Innovation Technologies in Modern Education. International Journal of Environtmental & Science Education,.
Julita, J., & Purnasari, P. D. (2022). Pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran dalam pendidikan era digital. Journal of Educational Learning and Innovation, 2(2), 227-239. doi:10.46229/elia.v2i2.460. Diakses dari https://www.neliti.com.
Jihad, R. (2021). Pengertian media pembelajaran interaktif. Universitas Pendidikan Ganesha. Diakses dari https://kkn.undiksha.ac.id.
Puskomedia. (2024). Penerapan integrasi media sosial pada platform e-learning untuk meningkatkan keterlibatan,https://www.puskomedia.id.
Amertamedia. (2022). Ketersediaan informasi ilmiah berbasis open access,https://amertamedia.co.id.
BGP Sulawesi Utara. (2023). Teknologi yang memerdekakan: Menghadirkan kolaborasi dan pengalaman interaktif dalam pembelajaran. Diakses dari https://bgpsulawesiutara.kemdikbud.go.id. Wantiknas.Empat kelebihan dan kekurangan dalam menerapkan elearning.http://www.wantiknas.go.id.
Pribadi, B. A. (2011). Peranan teknologi pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Optimalisasi Peranan Teknologi Pendidikan dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran, 2-3, https://core.ac.uk.
Haris, A. (2017, 25 Desember). Peran pengembangan dan pemanfaatan teknologi pendidikan dan pembelajaran dalam meningkatkan kualitas mengajar. doi:10.31219/osf.io/r57qw.
Lukman, H., & Hakim, S. S. (2022). Manfaat teknologi digital terhadap motivasi belajar peserta didik. Diakses dari https://ppg.kemdikbud.go.id.
Yang, S. J. H., Okamoto, T., & Tseng, S.S. (2008). Context-aware and ubiquitous learning. Journal of Educational Technology & Society, 11(2), 1-2.
Leana, K. L., & Firdaus, A. M. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Terhadap Pengembangan Pendidikan Karakter Menuju Profil Pelajar Pancasila. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 8(1), 33-41.
Firdaus, A. M. (2024). Investigasi literasi matematika siswa menengah pertama: bagaimana literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal PISA?. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(1), 1-13.
Khakima, L. N., Marlina, L., & Zahra, S. F. A. (2021, December). Penerapan Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Siswa MI/SD. In Prosiding SEMAI: Seminar Nasional PGMI (Vol. 1, pp. 775-792).