PERILAKU BULLYING ANTARA SISWA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Andi Muh. Rezky. A.H. Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Safitri Matwear Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.62388/jrgi.v3i3.474

Kata Kunci:

Bullying Behavior, Student Character Formation

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bullying dan peran guru dalam menangani bullying di kalangan siswa untuk mengembangkan karakter siswa. Sesuai dengan tujuan penelitian, penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian kasus ini ada 2 kasus yang masing-masing terdiri dari korban dan pelaku. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknologi analisis data melalui tahapan pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan observasi diperpanjang, observasi berkelanjutan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Peneliti menganalisis perilaku bullying melalui kontak fisik dan verbal untuk memahami pelaku dan korban perilaku bullying sehingga dapat mengetahui peran guru dalam mengatasi permasalahan bullying dikalangan siswa. Dalam hal ini sangat penting karena orang tua di sekolah harus memberikan perlakuan yang baik agar pelaku bullying menjadi anak sosial dan korban bullying menjadi anak sosial. Mampu berinteraksi sosial dengan baik dan memiliki mental yang kuat untuk menghadapi pengobatan di masa depan, mengacak ingatan mampu menyelesaikan masalahnya sendiri. (2) Faktor penyebab terjadinya perilaku bullying tidak hanya pada faktor internal namun juga terdapat faktor eksternal didukung dengan kurangnya aturan yang tegas yang diberikan kepada pihak sekolah sehingga perilaku bullying dapat terjadi secara berulang, (3) Pembentukan karakter siswa dilakukan di sekolah melalui pembiasaan serta keteladan mengharapkan siswa membentuk karakter yang tidak hanya religius dan memiliki karakter yang baik dalam bersosialisasi sehingga gerakan PPK menjadi acuan sekolah dalam membentuk karakter siswa yang baik.

Referensi

Arifuddin, A., & Ilham, M. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan; Kontribusi Lembaga Informal Terhadap Pembinaan Karakter Anak. IQRO: Journal of Islamic Education. http://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/iqro/article/view/1398

Candrawati, R., & Setyawan, A. (2023). Analisis Perilaku Bullying Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. PANDU : Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum, 1(2), 64–68. https://doi.org/10.59966/pandu.v1i2.127

Hana Wahyuningsih. (2023). Peran Guru dalam Mengatasi Bullying Di Paud. Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 163–173. https://doi.org/10.53515/cej.v4i2.5362

Khan, Y. (2010). Pendidikan karakter berbasis potensi diri. Yogyakarta: pelangi publishing.

Maghfiroh, N., Nasir, M., & Nafi’ah, S. A. (2021). Dampak perilaku bullying terhadap motivasi belajar siswa. As-Sibyan. https://ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/As_Sibyan/article/view/241

Majid, A., & Andayani, D. (2012). Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Rosdakarya.

Myrnawati, C. H. (2012). Metode Penelitian untuk Pemula, Jakarta. FIP PRESS.

Rahmat, N. isnaeni, Hastuti, I. D., & Nizaar, M. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Menyebabkan Bullying di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 7(6), 3804–3815. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6432

Ramadhanti, R., & Hidayat, M. T. (2022). Strategi Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4566–4573. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2892

SINURAT, J. P. (2022). Implementasi pendidikan karakter agama islam studi kasus smp bina taruna jakarta barat. Pendidikan Agama Islam.

Sugiyono, S., Lastariwati, B., Budiastuti, E. (2018). Development of authentic assessment instruments for saintifical learning in tourism vocational high schools. Jurnal Pendidikan. https://journal.uny.ac.id/index.php/jptk/article/view/16670

Sujarwo, A. M. (2018). Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Lempuyangan 1 Yogyakarta School Bullying Behaviour in Sdn Lempuyangan 1 Yogyakarta. Perilaku School Bullying .... (Mohammad Anton Sujarwo), 1, 887.

Ulfah, M. (2022). Konsep Pendidikan Karakter yang Terkandung Dalam Al-Qur’an Surah Al-An’am Ayat 151-153 dan Relevansinya Bagi Anak Usia Madrasah Ibtidaiyah. eprints.uniska-bjm.ac.id. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/10590/

Yamada, S., & Setyowati, R. N. (2022). Peran guru dalam mengatasi tindakan school bullying sebagai upaya mewujudkan sekolah ramah anak di smp negeri 2 wates kab. Kediri. Journal of Civics and Moral Studies. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jcms/article/view/17422

Yuyarti. (2018). Mengatasi Bullying Melalui Pendidikan Karakter. Jurnal Kreatif, 9(1), 52–57.

Zakiyah, E. Z. (2017). Faktor yang mempengaruhi remaja dalam melakukan Bullying, jurnal Penelitian &PPM.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-30

Cara Mengutip

Muh. Rezky. A.H., A., & Matwear, S. . (2024). PERILAKU BULLYING ANTARA SISWA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Riset Guru Indonesia, 3(3), 171–176. https://doi.org/10.62388/jrgi.v3i3.474