IMPLEMENTASI KEGIATAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SD MELALUI PROGRAM KKN DI UPT SD NO.78 BALANG
DOI:
https://doi.org/10.62388/jrgi.v4i3.579Kata Kunci:
Membaca Permulaan, Program KKN, Sekolah Dasar, Kemampuan Membaca, Faktor Pendukung Dan PenghambatAbstrak
Kegiatan membaca permulaan merupakan dasar penguasaan keterampilan berbahasa di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi kegiatan membaca permulaan pada siswa kelas I SDN 78 Balang serta menganalisis faktor pendukung dan penghambat pelaksanaannya. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek guru dan siswa kelas I. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa 75% siswa telah mengenal huruf vokal dan konsonan, namun 30% masih kesulitan membaca mandiri, hanya mampu membaca saat dieja. Faktor pendukung meliputi keterlibatan mahasiswa KKN, dukungan guru, dan motivasi sebagian siswa. Faktor penghambat adalah perbedaan kemampuan, rendahnya motivasi sebagian siswa, serta minimnya peran orang tua. Implikasi praktisnya, diperlukan strategi pembelajaran yang lebih personal dan peningkatan komunikasi antara sekolah dan orang tua untuk memperbaiki hasil membaca awal siswa.
Referensi
Aini, N., & Wulandari, D. (2021). Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media kartu huruf pada siswa kelas I sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(2), 115-124.
Ananda, R., & Fadhillah, N. (2020). Penerapan metode fonik dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas rendah sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(1), 22-31.
Ardiansyah, M., & Sari, R. (2023). Peran mahasiswa KKN dalam meningkatkan literasi dasar di sekolah dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 55-63.
Chall, J. S. (1983). Stages of Reading Development. New York: McGraw-Hill.
Fitriani, S., & Yusuf, H. (2021). Analisis faktor penghambat kemampuan membaca permulaan pada siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, 3(2), 78-87.
Hasanah, R., & Lestari, F. (2022). Kolaborasi guru dan mahasiswa KKN dalam pembelajaran literasi awal di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian, 6(2), 101-110.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Putra, A., & Santoso, B. (2024). Pengaruh keterlibatan orang tua terhadap perkembangan literasi anak sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Anak Indonesia, 8(3), 98-107.
