EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDEKATAN REALISTIK TERHADAP KETERAMPILAN MATEMATIKA SISWA SLOW LEARNER Kelas V SDN SAMBUNG JAWA 3 MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.62388/jrgi.v4i3.581Kata Kunci:
Pendekatan Matematika Realistik, Keterampilan Matematika, Siswa Slow LearnerAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik terhadap keterampilan matematika siswa slow learner kelas V di SDN Sambung Jawa 3 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan jenis penelitian Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu desain A1-B-A2. Tes yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes tertulis. Teknik yang digunakan yaitu menggunakan statistik deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Komponen yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik yang di terapkan efektif terhadap keterampilan matematika pada siswa slow learner kelas V di SDN Sambung Jawa 3 Makassar. Hal tersebut ditunjukkan dengan persentase overlap yaitu 0%. Siswa slow learner yang mempelajari keterampilan matematika (penjumlahan dan pengurangan) mampu memahami konsep penjumlahan dan pengurangan, mencari solusi pada soal cerita dengan benar dan mampu menghitung dengan benar. Penerapan model pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik memberi kemajuan pada keterampilan matematika siswa slow learner yakni siswa menjadi lebih aktif dan kritis dalam memecahan suatu masalah (soal matematika).
Referensi
Abdurrahman, Muyono. 2003. Pendidikan Bagi Siswa Berkesulitan Belajar. Jakarta: Reneka Cipta.
Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta:Prenadamedia Group.
Azwandi, Yosfan. 2007. Media Pembelajaran Siswa Berkebutuhan Khusus: Siswa dengan Gangguan Penglihatan (Buta Total dan Low Vision), Siswa Autisme, Siswa Berkesulitan Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Ketenagaan.
Hadi, Sutarto. (2016). Pendidikan Matematika Realistik Teori, Pengembangan dan Implementasi. Jakarta:Rajawali Pers.
Heruman. (2013). Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Muhtadi, Dedi & Sukirwan. (2017). Implementasi Pendidikan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematika Dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal Mosharafa, Volume 6 Nomor 1, 3- 5.
Ngalimun. 2017. Strategi Pembelajaran Dilengkapi dengan 65 Model Pembelajaran. Yogyakarta:Parama Ilmu.
Pujaningsih, Sari Rudiyati, Unik Ambarwati. 2010. Penanganan Siswa Berkesulitan Belajar Berbasis Akomodasi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan. Volume 40, Nomor 2, November.
Rohani, Suci, dkk. 2017. Peningkatan Keterampilan dan Kemampuan Menghitung Cepat Dasar Bagi Siswa SD Di Desa Ponjanan Timur Kecamatan Batumarmar. Diakses pada Senin, 5 Maret 2018.
Rusman. 2011. Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:Rajawali Pers.
Soedjadi. (2007). Dasar-Dasar Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 1 Nomor 2, 24-5.
Sofiawati, Evi. 2011. Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Khusus. No 2, Agustus.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian. Bandung:Alfabeta.
Suharmini, Tin. (2009). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Kanwa Publisher.
Sukardi. Metodelogi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktik. 2003. Jakarta:PT Bumi Aksara. Sukmadinata, Nana Sayaodih. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Sunanto, Juang., Takeuchi, Koji. & Nakata, Hideo. 2006. Penelitian dengan Subyek Tunggal. Bandung:UPI Press.
Suparno, Paul. (2001). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta:Kanisius.
Triani, Nani dan Amir. 2013. Pendidikan Siswa Berkebutuhan Khusus Lamban Belajar Slow learner. Jakarta:Luxima Metro Media.
Wijaya, Aryadi. 2017. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wijaya, Cece. (2010). Pendidikan Remidial Sarana Pengembangan Mutu Daya Manusia. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
